Analisis Bahasa pada Anak Usia 4 Tahun Menilik dari Aspek Semantik dengan Berbantuan Media Card

Authors

  • Annas Putri Warrahmah Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Salatiga, Indonesia
  • Rifki Aulia Erlangga Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5603

Keywords:

Analisis Bahasa, Semantik Media Card

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kalimat pada anak usia 4 tahun menilik dari perolehan semantik ketika media card diperlihatkan dan dsaat menggeneralisasikan card  terhadap respon. Subjek pada penelitian ini ialah anak berusia 4 tahun yang bernama Baim. Analisis yang ada pada data dalam penelitian ini dengan menganalisis setiap data atau respon yang diperoleh berdasarkan anak usia 4 tahun, menginterpretasikannya didasarkan pada data yang didapat melalui pengamatan pada objek serta memberikan kesimpulan berdasarkan analisis data tersebut.  Pemerolehan bahasa menilik dari fitur-fitur semantik dengan card dapat melahirkan perkembangan psikologi anak menjadi meningkat serta respon dilihat pada saat menggeneralisasikan gambar yang tertera pada card dapat membentuk pemahaman anak terhadap gambar-gambar yang dipertontonkan.

References

Anggraini, W., & Kuswanto, C.W., “Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA”. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2019).

Bilqis, R, & Setiawan, H., “Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Berdasarkan Aspek Semantik”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. 2 (2021).

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

D. J Parera. 1989. Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Ita, Efrida, dkk., “Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (2020).

Maksan, M. 1993. Psikolinguistik. Padang: IKIP Padang Press.

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

05-03-2023

How to Cite

Warrahmah, A. P. ., & Erlangga, R. A. . (2023). Analisis Bahasa pada Anak Usia 4 Tahun Menilik dari Aspek Semantik dengan Berbantuan Media Card. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2547–2550. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5603

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check