Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Pemahaman Sifat-Sifat Cahaya pada Kelas IV SD Negeri Plaosan 1

Authors

  • Rikza Fauzi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Andri Anugrahana Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Patrisia Betris Yan Ariyanti Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5605

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, PBL

Abstract

Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang berpotensi berkembang menjadi tindakan belajar. Pembelajaran tersebut dapat diukur dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat menunjukkan tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran dengan menunjukkan bahwa tujuan pengajaran tersebut merupakan hasil belajar bagi siswa yang telah menyelesaikan proses pembelajaran di bawah bimbingan guru dalam kondisi yang baik. Ilmu alam (IPA) adalah studi tentang alam semesta melalui penelitian metodis. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar yang bertujuan untuk memberikan siswa pengetahuan, konsep, dan gagasan yang terorganisir tentang dunia alam. Karena pendidikan IPA selama ini disamakan dengan pembelajaran yang didominasi oleh latihan-latihan menghafal, pengajar terkadang masih terbentur pada masalah siswa yang tidak berminat mempelajarinya. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) membutuhkan perpaduan antara teori dan praktik untuk meningkatkan kemampuan proses siswa, namun masih banyak kasus dimana guru hanya memberikan penjelasan dari buku tanpa memberikan nilai pada praktik. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA, penulis bertujuan untuk menggunakan PBL atau pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Peneliti berusaha memasukkan pendekatan pembelajaran berbasis PBL ke dalam pengajaran sains. Strategi ini akan menghasilkan pembelajaran yang fleksibel, penuh kolaborasi siswa, dan mempersiapkan siswa untuk memahami informasi yang diberikan oleh pengajar.

 

References

Fitrianingtyas & Elvira. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal Mitra Pendidikan, Volume 1 Nomor 6, 708-720.

Hadiyanti, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4 Nomor 4, 3135-3143.

Hardiansyah, dkk. (2021). Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII. Profesi Kependidikan, Volume 2 Nomor 2, 113-124.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 5-11.

Ka'u, H. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 Nomor 1, 3329-3335.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru "COPE", No.01 Tahun VXIII.

NurJazuli, dkk. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas 4 SDN 03 Pekuncen. Pinisi Journal PGSD, Volume 2 Nomor 1, 234-243.

Sulastri, dkk. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Volume 3 Nomor 1.

Downloads

Published

05-03-2023

How to Cite

Fauzi, R., Anugrahana, A. ., & Yan Ariyanti, P. B. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Pemahaman Sifat-Sifat Cahaya pada Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2569–2574. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5605

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check