Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin

Authors

  • Seri Rejeki Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Masganti Sitorus Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ripho Delzy Perkasa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5611

Keywords:

Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Islam, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui Pembelajaran IPS, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS, untuk mengetahui peluang dan ancaman dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis pendekatan fenomenologis lalu menggunakan analisis Swot untuk mengetahui hasil evaluasinya. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, guru agama dan siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin. Setelah data diproses selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS pada setiap materi pembelajaran IPS yaitu melalui RPP yang tercantum pada tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran,Terdapat kekuatan dan kelemahan dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS, kekuatannya yaitu: guru yang profesional dalam mengajar, sarana dan prasarana yang mendukung dan lingkungan yang berbasis Islam. Selanjutnya kelemahannya adalah: perbedaan karakteristik siswa, Rasa jenuh dan bosan yang dialami oleh peserta didik, Terdapat peluang dan ancaman dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS, peluangnnya yaitu: adanya pengawas sekolah, kelompok kerja guru (KKG) dan wali murid. Selanjutnya ancamannya adalah: lingkungan sosial siswa yang berada di luar.

References

Ainiyah nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(11), 25–38.

Dafha Bukhori, N. (2020). Manajemen Industri. Yogyakarta: PT Smart Indonesia.

Fadilah. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa timur: Agrapana Media.

Junaidin. (2020). Tradisi Pamali Manggodo Masyarakat Aadat Sambori Dalam Perspektif Fenomenologis. Malang: Media Nusa Kreatif.

Nasar Ismail. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran IPS. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 114.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Jawa timur: Caremedia Communcation.

Sahlan Asmaun. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal El-Hikmah, 50.

Sholichah Aas Siti. (2020). Pendidikan Karakter Anak Pra Akil Baligh Berbasis Al-qur’an. Jawa tengah: PT. Nasya Expending Management.

Siti Nur Aidah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Suherman. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter. Padang: Insan Cendikia Mandiri.

Susanti Eka. (2018). Konsep Dasa IPS. Medan: UINSU.

Uci Sanusi. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublisher.

Downloads

Published

05-03-2023

How to Cite

Rejeki, S. ., Sitorus, M. ., & Perkasa, R. D. . (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2616–2623. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5611

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check