Ragam Bahasa Komunikasi Pemasaran Produk pada Media Sosial TikTok Studi Kasus Akun UMKM di Indonesia

Authors

  • Adiprana Yogatama Program Studi Psikologi, Universitas Semarang, Indonesia
  • Dini Anggraheni Program Studi Manajemen, Universitas Semarang, Indonesia
  • Anandha Anandha Program Studi Manajemen, Universitas Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5656

Keywords:

Jual Langsung Online, IMC, Word Of Mouth

Abstract

Abstrak–Fitur live pada aplikasi TikTok semakin menarik minat para penggunanya, khususnya pemilik akun UMKM (usaha kecil dan menengah), untuk memasarkan produknya. Dengan bahasa komunikasi yang seru, UMKM yang memiliki akun TikTok mudah untuk menjual produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi bahasa yang digunakan pemilik akun UMKM pada aplikasi media sosial TikTok di Indonesia dalam memasarkan produknya. Kemudian, dengan ragam bahasa pemasaran yang mereka terapkan, peneliti ingin mengetahui keefektifan komunikasi jenis ini dalam meningkatkan angka penjualan produk. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, pencatatan, dan pencatatan. Sebelum melakukan pencatatan & pencatatan data, tim peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara mengamati beberapa akun UMKM di media sosial TikTok dan teknik survey menggunakan kuesioner. Data hasil observasi dan kuesioner kemudian dicatat dan disortir sesuai dengan kelompok penelitian yang diharapkan. Selanjutnya peneliti menganalisis data sesuai dengan teori bahasa komunikasi pemasaran. Berdasarkan analisis, peneliti menemukan bahwa penjual online melalui live Tiktok menerapkan strategi IMC dan word-of-mouth. IMC dilakukan dengan komunikasi verbal dengan menanggapi obrolan calon pembeli di kolom komentar. Sementara itu, word of mouth dilakukan dengan meminta pembeli yang sudah check out keranjang belanja untuk melapor di kolom komentar live chat Tiktok.

References

Ambar, Ruth & Sari, Wulan P. 2021. Komunikasi Pemasaran UMKM dalam Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Hello Cafe). Jurnal Prologia, Vol. 5, No. 1, Maret 2021 hlm. 167-174

Chaer, A. (1994). Linguistik Umum. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Bachman, dkk.1990. Keragaman Bahasa dalam Pembelajaran. Bandung: FPBS-UPI.

Firmansyah, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Kotler, & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pradopo, R.D. (2013). Ragam Bahasa Sastra. Humaniora (4)

Siswanto, Tito. 2013. Optimalisasi Sosial Media sebagai Meda Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, Vol. 2, No. 1, January-Juni 2013, hlm 80-86.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV ALFABETA.

Sugono, Dendy. 2011. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Supradono, Bambang dan Hanum, Ayu Noviani. 2011. Peran Sosial Media untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan pada Layanan ECommerce. Jurnal VALUE ADDED, Vol. 7 , No.2, Maret 2011-Agustus 2011.

Downloads

Published

11-03-2023

How to Cite

Yogatama, A., Anggraheni, D. ., & Anandha, A. (2023). Ragam Bahasa Komunikasi Pemasaran Produk pada Media Sosial TikTok Studi Kasus Akun UMKM di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2900–2911. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5656

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check