Peningkatan Kemampuan Literasi Pelajar melalui Kelompok Belajar di Desa Pardugul Kab. Samosir

Authors

  • Tutiarny Naibaho Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Maria Pratiwi Frisila Sibuea Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Emmi Triani Tampubolon Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Elvi S Siburian Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Desrina Kristin Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Indah Theresia Pardosi Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ineke Junita Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5716

Keywords:

Peningkatan Literasi, Pelajar, Desa Pardugul

Abstract

Membaca merupakan sebuah aktivitas yang melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Ada banyak manfaat membaca, di antaranya membantu pengembangan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan memori dan pemahaman. Khususnya terhadap pelajar, membaca adalah satu hal penting yang harus dikuasai dan dipahami. Literasi bukanlah sebuah hal mudah untuk dibangun karena butuh kesadaran dan semangat untuk membawa perubahan. Literasi membaca bukanlah sekedar kegiatan membaca biasa melainkan sebuah kegiatan yang bisa membangun budaya itu sendiri. Kegiatan literasi memang merujuk pada kemampuan dasar seseorang dalam membaca dan menulis. Melalui program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi pelajar di lingkungan masyarakat. Maka dengan itu melalui kegiatan kelompok belajar yang dilaksanakan di Kantor Desa Pardugul, Kecamatan Pangururan, diharapkan mampu untuk meningkatkan literasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga dilakukan untuk membantu kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

References

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya. 2. Etin Solihatin, 2012, Strategi Pembelajaran PPKN, Jakarta: Bumi Aksara.

Oktariani & Evri Ekadiansyah. 2020. Peran Literasi Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan. Vol 1 (1). https://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/11/pdf (diakses Maret 2023).

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

18-03-2023

How to Cite

Naibaho, T. ., Frisila Sibuea, M. P. ., Tampubolon, E. T. ., Siburian, E. S. ., Pasaribu, D. K. ., Pardosi, I. T. ., & Lumbantobing, I. J. . (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Pelajar melalui Kelompok Belajar di Desa Pardugul Kab. Samosir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 55–60. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5716

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check