Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Publik Speaking dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share

Authors

  • Simon Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lia Deniati Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Uci Ekaristi br. Sembiring Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Aleazar Hutabalian Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ana talisya Ari Naibaho Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Martin Simanullang Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Handoko Priono H.S Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5717

Keywords:

Menumbuhkan Karakter, Belajar, Public Speaking, Model Pembelajaran Think Pair Share

Abstract

Dasarnya seorang guru merupakan kunci utama dalam dunia pendidikan. Terutama dalam meningkatkan keterampilan dalam berbicara dan mengungkapkan apa yang menjadi bahan pikiran mereka. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengembangan karakter melalui Publik Speaking Dengan Metode Think Pair Share. (2)Untuk Menumbuhkan karakter siswa yang belum memulai menumbuhkan karakter dalam diri sendiri. Metode yang digunakan adalah think pair share Dimana kegiatan pembelajaran ini adalah metode pembelajaran kooperatif sederhana dengan melibatkan 2 atau lebih siswa dalam memecahkan suatu masalah dengan materi yang telah dirancang dan disusun pada waktu sebelum nya dengan menganalisa respon siswa tersebut. Hasil penelitian yaitu siswa dapat meningkatkan kemampuan yang dimilikinya melalui metode think pair share baik didalam kelas maupun diluar kelas.

References

Fatah Yasin, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam (UIN-Malang: Malang, 2008), 130.

Mansyur, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag, 1991), 138.

Kemendiknas.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Dalyono, Bambang dan Enny Dwi Lestariningsih. 2017. “Implementasi PenguatanPendidikan Karakter di Sekolah”. Semarang: Bangun Rekaprima. Vol 3 no 2.

Juleha, dkk. 2019. “The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System”. 2019 Indonesian Society for Science EducatorYahya, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie”, Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 2 (Semptember, 2012), 109.

Susilo, Herawati. Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang, 2005), 3.

Isjoni, Cooperatif Learning (Bandung: Alfabeta2009), 21.

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 1-5.

Sukmana, R.W., & Nurhayati, Y. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Pembelajaran Berbasis Stem Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 1(1), 1-4.

Downloads

Published

18-03-2023

How to Cite

Panjaitan, S. ., Manurung, L. D. ., br. Sembiring, U. E. ., Hutabalian , A. ., Ari Naibaho, A. talisya ., Simanullang, M. ., & Priono H.S, H. . (2023). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Publik Speaking dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 61–66. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5717

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check