Dampak Globalisasi terhadap Bisnis Internasional

Authors

  • Yandi Suprapto Universitas Internasional Batam , Indonesia
  • Delvian Yosuky Universitas Internasional Batam , Indonesia
  • Tio Sania Rachmi Universitas Internasional Batam , Indonesia
  • Felix Santono Universitas Internasional Batam , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5901

Keywords:

Globalisasi, Perdagangan, Ekonomi

Abstract

Globalisasi adalah hasil dari kemajuan teknologi dan inovasi. Kemajuan teknologi telah membuka peluang dengan meningkatnya jumlah perdagangan internasional melalui globalisasi. Dengan teknologi yang begitu luas, telah membuat transaksi internasional menjadi proses yang lebih mudah dan cepat untuk digunakan semua negara. Hal ini tidak dapat dihindari karena negara-negara pada umumnya memiliki lingkungannya masing-masing, oleh karena itu globalisasi dalam hal ini mengacu pada perluasan yang melampaui batas negara. Studi tentang globalisasi telah didekati oleh negara maju dan berkembang termasuk Indonesia dan Indonesia telah mencoba untuk memanfaatkan perdagangan ini untuk keuntungan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dampak globalisasi di Indonesia khususnya di bidang ekonomi. Pengumpulan data topik ini menggunakan penelitian kualitatif yang melibatkan pengumpulan data dari sumber internet, jurnal, buku, dan lain-lain untuk mengumpulkan wawasan tentang topik globalisasi ini. Melalui tulisan ini, penulis akan mengungkap pengaruh globalisasi terhadap sektor perekonomian Indonesia. Temuan mendukung bahwa ketimpangan ketergantungan transaksi internasional yang tidak hati-hati dapat mengancam bisnis lokal tetapi pada saat yang sama juga mendukung produk Indonesia untuk dikenal di negara lain. Kajian ini menunjukkan bahwa globalisasi secara umum memiliki dampak positif yang sangat luas bagi Indonesia, namun pemerintah secara umum harus mewaspadai dampak negatif yang dapat menyebabkan kerugian bisnis lokal akibat globalisasi.

References

Dampak Globalisasi, A., & Hini Hermala Dewi Dosen STIE Lembah Dempo, M. (2019). Analisa Dampak Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional. In Jurnal Ekonomia (Vol. 9, Issue 1).

Gumilar, A. (2018). Analisis Bisnis Internasional Di Indonesia. In Jurnal ADBIS (Vol. 2, Issue 2).

Insya Musa, M. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala, 3(3), 1–14.

Mawar Bunga, & Aslami Nuri. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Internasional Pada UMKM Pasar Petisah Di Masa.

Nugrahani Farida. (2014). Metode penelitian kualitatif.

Ramanda Bustami Paidi Hidayat, B. (n.d.). Analisis daya saing produk ekspor provinsi sumatera utara.

Yuni Revita, & Hutabarat Lanova Dedi. (2021). Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pada Tahun 2009-2019.

Downloads

Published

06-04-2023

How to Cite

Suprapto, Y. ., Yosuky, D. ., Rachmi, T. S. ., & Santono, F. . (2023). Dampak Globalisasi terhadap Bisnis Internasional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4122–4128. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5901

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check