Pemanfaatan Aplikasi MABEPA sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan “Dakwah Nabi Muhammad SAW” di Sekolah Dasar

Authors

  • Wulan Sri Lestari Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang, Indonesia, Indonesia
  • Fia Siti Nurrofiah Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang, Indonesia, Indonesia
  • Nur Septiani Dwiyanti Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang, Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5923

Keywords:

Teknologi, Dakwah, Metode Penetian D&D

Abstract

Teknologi Informasi Komuniasi (TIK) adalah ilmu yang harus dikuasi oleh semua kalangan, terlebih lagi seorang pendidik. Saat ini, TIK sudah masuk ke dalam bidang Pendidikan yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi. Banyak sekali kasus dilapangan bahwa seorang pendidik belum ahli dalam mengelola TIK, ini yang menyebabkan peserta didik cepat bosan dan jenuh di kelas. Dalam hal tersebut kami membuat suatu media pembelajaran berbasis teknologi berupa aplkasi MABEPA yang bertujuan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan pada materi dan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian D&D dengan teknik yaitu, identifikasi masalah, deskripsi tujuan, desain dan pengembangan produk, uji coba produk, dan evaluasi hasil uji coba. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas IV SDN Sindangraja.

References

Abdurrochim, Putri Laisya, Yuniar Khairunnisa, Mughni Nurani, and Ani Nur Aeni. 2022. “Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3): 3972–81.

Aeni, Ani Nur, Tiara Erlina, et al. 2022. “Aplikasi BETA (Belajar Dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 9(1): 101–13.

Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, et al. 2022. “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD.” PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 11: 1835–52.

Aeni, Ani Nur, Zahra Diffa Aprilia, Dede Yeni Suhartini, and Rofikoh Suistiani. 2022. “Pengembangan Aplikasi ‘Cermin’ Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Di Sekolah Dasar Kelas V.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 05(1): 89–99.

Aeni, Ani Nur, Anissa Nur Nofriani, Irsa Ayuni Fauziah, and Irgi Ahmad Fauzi. 2022. “Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia 2(6): 279–87.

Andyana, Tresna Azka Tamalia, Viena Aunillah Carl Carl Vinson, and Ani Nur Aeni. 2022. “Penggunaan Aplikasi RuBer PAI Sebagai Media Pengenalan Dakwah Di Kelas 5 SD.” Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan 3(1): 82–92.

Ansori, Teguh. 2019. “Revitalisasi Dakwah Sebagai Paradigma Pemberdayaan Masyarakat.” Jurnal Dakwah dan Sosial 2(1): 34. https://doi.org/10.5281/zenodo.3544714.

Fatmawati, Fatmawati, Yusrizal Yusrizal, and Ainul Marhamah Hasibuan. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 11(2): 134.

Ihsan, Azis Maulana. 2017. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CULTURE VIEW VIRTUAL REALITY UNTUK MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN KERAGAMAN ETNIK DAN BUDAYA.” Repository.Upi.Edu. http://repository.upi.edu.

Oktavia, Novi, and Mulabbiyah Mulabbiyah. 2019. “Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram).” El Midad 11(1): 19–40.

Pratiwi, Awalia Dhian, and Suryanti. 2020. “Pengembangan Media Game Edukatif ‘Lecy Explore’ Berbasis Android Untuk Siswa Kelas IV SD Materi Siklus Hidup Hewan Dan Upaya Pelestariannya.” Jurnal PGSD 8(6): 1251–62.

Ratna, Renda et al. 2021. “Tantangan Guru Pai Dalam Menghadapi Era Perubahan Globalisasi Teknologi Industri 4.0 Di SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah.” (1): 26–34. https://siducat.org/index.php/ghaitsa.

Ummaya, Hafizia Risa, Naila Rida Kaylila, Ghina Meilinda, and Ani Nur Aeni. 2022. “Penggunaan Aplikasi Genius Hijaiyah Untuk Pembelajaran PAI Pada Materi Huruf Hijaiyah Di SD Kelas II.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia 2(5): 219–24.

Downloads

Published

07-04-2023

How to Cite

Lestari, W. S. ., Nurrofiah, F. S. ., Dwiyanti, N. S. ., & Aeni, A. N. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi MABEPA sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan “Dakwah Nabi Muhammad SAW” di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4314–4321. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5923

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check