Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meneladani Perilaku Jujur pada Siswa Kelas 2 SD dari Kisah Nabi Muhammad
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5927Keywords:
E-book Interaktif, Pembelajran, KejujuranAbstract
Artikel ini membahas mengenai pengembangan e-book interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku jujur pada siswa kelas 2 SD dari kisah Nabi Muhammad. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Design and Development (D&D). Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yaitu (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). E-book interaktif ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti, animasi, suara, gambar dan interaksi yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan kepada 24 orang siswa kelas 2 SD di salah satu sekolah dasar yang ada di kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan peneliti terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai kejujuran serta mampu meneladani perilaku jujur Nabi Muhammad dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan penilaian produk diperoleh validasi dari ahli dengan rata rata sebesar 80% yaitu mengenai desain, isi materi dan evaluasi. Selain itu, E-book interaktif ini menjadi inovasi media pembelajaran dalam pendidikan berbasis teknologi.
References
Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Francisca, F., Zahra, J. O. V., Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS “Buku Digital Agama Islam” untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3043
Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-Book Interaktif. Jktp, 1(1), 71–76.
Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Putri NurhasanahAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).