Pengaruh Penggantian Piston Standart dengan Piston Modifikasi Sepeda Motor Honda Beat

Authors

  • Cley Talakua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5948

Keywords:

Modifikasi, Piston Standart, Piston Dome, Kompresi

Abstract

Pengaruh Penggantian Piston Standart dengan piston modifikasi sepeda motor Honda Beati. Pada umumnya mesin berfungsi untuk mengatur proses perubahan energy yang terkandung dalam bahan bakar menjadi tenaga. Semua sepeda motor menggunakan sistem pembakaran di dalam silinder. Artinya pembakaran bahan bakar dalam (internal combustion engine) energy yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar. Piston berfungsi untuk memampatkan campuran bahan bakar dan udara. Permasalahan yang akan diangkat adalah pengaruh bentuk dari piston terhadap perbandingan kompresi. Yang mana kita ketahui motor Honda Beat memiliki jenis piston flat, hal ini menyebabkan pembakaran yang terjadi pada ruang bakar kurang sempurna, jika kita bandingkan dengan piston model dome. Hasil dari penelitian ini menunjukan pada pengukuran menggunakan kompresi tester di dapat hasil piston standar 6 kg/cm2 dan piston dome 7,35 kg/cm2 dengan selisih 1,35 kg/cm2 sedangkan pada pengukuran menggunakan perhitungan mendapat hasil piston standar sesuai dengan spesifikasi yaitu 9,2: 1 dan piston dome 10,5 : 1 dengan kenaikan 1,3 berarti dengan adanya kenaikan perbandingan kompresi maka mengakibatkan tenaga atau output mesin meningkat. Pada hasil uji coba dengan berkendara terlihat perbedaan pada piston standar  d an piston dome modifikasi terletak pada rpm atau kecepatan, dimana jika menggunakan piston dome maka kelebihan yang utama yaitu pada kecepatan tinggi karena lebih cepat mencapai top speed  sedangkan  jika menggunkan piston  standar maka akan ada sedikit keunggulan akselerasi pada kecepatan rendah.   

References

Juis susilo., 2015, Modifikasi Cylinder Head Terhadap Unjuk Kerja Sepeda Motor, Jurnal Teknik Mesin Ubl, Vol.3 No. 1.

Cuncun Yovan Abidin.,2013, Pengaruh Modifikasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Hon-da Beat 2014, Jurnal Teknik Mesin; Vol 13, No 02 (2019).

Mukhamad Arief Syarifuddin, Achmad Rijanto, Luthfi Hakim,. 2022. Analisis Perbandingan Camshaft standar Dan Modifikasi Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor Honda Beat 2012. Majamecha, Vol 4, no.2.

Downloads

Published

09-04-2023

How to Cite

Talakua, C. . (2023). Pengaruh Penggantian Piston Standart dengan Piston Modifikasi Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4510–4516. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5948

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check