Identifikasi Taman Pasuk Kameloh Sebagai Ruang Publik di Kota Palangka Raya

Authors

  • Ni Putu Diah Agustin Permanasuri Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5986

Keywords:

Identifikasi, Ruang Publik, Taman Kota Pasuk Kameloh

Abstract

Ruang publik sebagai salah satu elemen dasar dan penting bagi sebuah Kota dapat menjadi petunjuk dan mencerminkan karakter khusus suatu masyarakat, merupakan wadah aktivitas sosial yang melayani dan dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat kota.  Taman kota merupakan salah satu contoh kawasan ruang publik yang dapat dimanfaatkan untuk aktifitas hiburan masyarakat dengan berbagai fasilitas penunjang di dalamnya. Fasilitas yang harus tersedia di taman kota disesuaikan dengan fungsinya, seperti: fasilitas rekreasi, fasilitas olahraga, fasilitas sosialisasi, fasilitas parkir dan fasilitas penunjang lainnya  Taman Pasuk Kameloh adalah salah satu taman kota yang berada di pusat kota Palangka Raya, Keberadaan Taman Pasuk kameloh sebagai ruang publik tentunya harus memiliki kriteria pemenuhan terhadap fungsi dari sebuah taman kota, diantaranya memperhatikan kualitas fisik, sarana prasarana, dan fungsi maupun aktivitas yang terjadi pada taman tersebut. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana kondisi fisik sarana prasarana yang tersedia pada Taman Pasuk Kameloh, dan bagaimana pemanfaatannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan obseravsi langsung, wawancara pada pengguna taman kota. Hasil penelitian menunjukkan kondisi fisik Taman kota Pasuk Kameloh cukup baik dan terawat, hanya saja ada beberapa fasilitas penunjang lain yang memerlukan perhatian dan perawatan dari pihak terkait, sehingga akan lebih memaksimalkan fungsi taman kota sebagai ruang publik dan tentunya kenyamanan bagi penggunanya. Penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu acuan untuk pihak pemerintah dalam perawatan dan perbaikan Taman Kota Pasuk Kameloh

References

Abdillah, J. (2005). Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya terhadap Ekologi di Kota Jepara. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Carr, Stephen, Public Space,Cambridge Uniersity Press, Cambridge, 1992

Budihardjo, E. 1997. Lingkungan Binaan dan Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Andi

Frick, H. 2006. Arsitektur Ekologis: Konsep Arsitektur ekologis di iklim tropis, penghijauan kota dan kota ekologis, SIAR II 2021: SEMINAR ILMIAH ARSITEKTUR | 166 serta energi terbarukan. Semarang: Penerbit Kanisius.

Fajri, R. D. N., & Nugrahaini, F. T. (2021). Identifikasi Kualitas Fisik Sarana dan Prasarana Taman Krido Anggo dalam Mendukung Kesesuaian Fungsi Taman Kota sebagai Ruang Publik di Kabupaten Sragen. Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur 2021.

Febriarto, P. (2021). PEMANFAATAN RUANG TERBUKA (OPEN SPACE) UNTUK TEMPAT BERKUMPUL DI JALUR PEJALAN KAKI. MINTAKAT: Jurnal Arsitektur, 115.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 5/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan.

Permanasuri, N. P. D. A. (2020). The Public Space Quality Of Lebih Beach Gianyar: Review Of Social And Economic Function. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8(2), 63-69.

Purwanti, S. (2022). Memaksimalkan Fungsi Taman Kota Sebagai Ruang Terbuka Publik. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(1), 56-70.

Pratama, W. S., & Aji, F. M. P. (2022, August). Identifikasi Taman Bugar sebagai Langkah Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kota Pacitan. In Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur (pp. 142-150).

Yunus, Hadi Sabari. 2005. Struktur Spasial Perkotaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunus, Hadi Sabari. 2008. Dinamka Wilayah PeriUrban Determinan Masa Depan Kota. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Yunus, Hadi Sabari. 2011. Manajemen Kota Perspektif Spasial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

10-04-2023

How to Cite

Agustin Permanasuri, N. P. D. . (2023). Identifikasi Taman Pasuk Kameloh Sebagai Ruang Publik di Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4748–4754. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5986

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check