Gaya Penulisan Berita Kriminal dalam Forum Media Online

Authors

  • Erwan Efendi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Khairunisa Harani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Masnawari Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Nur Syahfitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Ummil Khoiriyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6038

Keywords:

Berita, Kriminal, Media Online

Abstract

Kematangan Internet dalam menyampaikan informasi tidak tertandingi.Tetapi, hal itu justru membuat para awak media menjadi melebih-lebihkan pemberitaannya untuk menarik pembaca. Salah satunya dalah berita dengan motif kejahatan. Sebagian besar media massa seperti televisi dan media online melaporkan berita kejahatan setiap hari.Penulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder (ADS). Tidak menggunakan hipotesis, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel yang diteliti. Dengan kata lain, data yang diperoleh melalui studi literatur berupa buku untuk mencari teori yang relevan. Adapun data sekunder lainnya untuk mendukung penulisan ini internet adalah jurnal online dan berita. Faktanya, media kerap kali melanggar kode etik jurnalistik dalam penulisan berita seperti mengungkap identitas korban secara jelas seperti nama, alamat, pekerjaan, usia, akun media sosial, hingga menampilkan foto dari korban. Tidak hanya itu media juga sering melakukan stigmatisasi bahwa korbanlah yang menjadi pemicu terjadinya tindak kriminal terjadi dengan menggunakan diksi seperti “pakaian seksi”, dan lainnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, masih terdapat ketidaksesuaian bahasa jurnalistik seperti komunikatif, spesifik, hemat kata, jelas makna dan tidak mubazir dalam forum media online. Hal ini karena mereka tidak memiliki aturan penulisan tersendiri atau mengikuti aturan penulisan berdasarkan teori dan aturan pada umumnya. Selain itu, adanya tekanan waktu membuat para wartawan kesulitan dalam mengumpulkan informasi.

References

Anggraini, Dewi. dkk. 2019. Kontribusi Pengetahuan Jurnalistik Terhadap Keterampilan Menulis Berita Mahasiswa. “Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni” (1)

Abdulsyani. 1987. Sosiologi Kriminalitas. Bandung: Remadja Karya.

Budyatna, Muhammad. 2007. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hayati, Yayat Sri. 2010. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: PT.Gelora Aksara Pratama.

Muda, Deddy Iskandar. 2003. Jurnalistik Televisi: Menjadi Reporter Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursyahra, Harla. 2017. Strategi Penulisan Lead Berita Kriminal Di Surat Kabar Riau Pos. “Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik” 4 (2)

Nassaruddin, Ende Hasbi. 2016. Kriminologi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Oktavia, Anggi & Al Sukri. 2022. Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pada Berita Kriminal Di Kalangan Wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional (Lkbn) Antara Riau. “Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau” 10 (1)

Rahardi, F. 2006. Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature dan Esai. Jakarta: Kawan Pustaka.

Downloads

Published

13-04-2023

How to Cite

Efendi, E. ., Harahap, K. H. ., Harahap, M. ., Syahfitri, N. ., & Khoiriyah, U. . (2023). Gaya Penulisan Berita Kriminal dalam Forum Media Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1638–1646. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6038

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check