Pengembangan Congdanbud untuk Pengenalan Dasar-Dasar Agama sebagai Sarana Belajar Penunjang Sekolah Minggu Buddhis

Authors

  • Wayan Sunando Gautama Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita , Indonesia
  • Andi Saputra Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita , Indonesia
  • Desta Pundarika Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita , Indonesia
  • Susanto Susanto Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6071

Keywords:

Alat Pembelajaran, Congklak, Media Pembelajaran, Agama Buddha

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil pengembangan kreatifitas mahasiswa yang ditujukan untuk menghasilkan permainan edukasi bagi pesrtadidik sekolah minggu buddha. Metode penelitian dan pengembangan gunakan dalam pengembangan kreativitas ini untuk menghasilkan permainan edukasi yang menarik bagi peserta didik sekolah minggu buddha yang diberinama CONGDANBUD. Congklak dana buddhis (Congdanbud) merupakan permainan pengembangan dari congklak dan dikombinasikan dengan permainan kartu didalamnya. Pengembangan dilakukan tanpa ujicoba operasional dan hanya menguji validasi produk yang dihasilkan. Validasi dilakukan dengan 2 orang validator ahli madia pembelajaran dan ahli materi Pendidikan agama buddha. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan berdasarkan langkah-langkah pengembangan Bord and Gall yang memiliki relevansi yang tinggi untuk mengembangkan media edukasi congdanbud sebagai media pembelajaran. Teknik analisis menggunakan deskriptif persentase. Data kuantitatif dari validasi produk yang dikembangkan selama uji coba produk dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Teknik analisis data ini digunakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Uji coba produk dilakukan pada ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Congdanbud untuk pengenalan dasar-dasar agama sebagai sarana belajar penunjang sekolah minggu buddhis dapat digunakan oleh peserta didik. Penerapan dalam penggunaanya sangat mudah dikarenakan peralatan congdanbud bersifat fisik dan dapat disusun dengan petunjuk dari guru. Sebagai alat peraga, Congklak dana buddhis tidak hanya dapat berfungsi sebagai sarana belajar pada materi, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana dalam bermain dan mengasah kreativitas dan keaktifan anak . Penggunaan congklak dana buddhis ini memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik secara nyata agar peserta didik memiliki pengalaman belajar yang berbeda dari metode yang biasa digunakan oleh guru..

 

References

Aini, N., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1). https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.921

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2011). Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), h.3. 3.

Fydarliani, D., Yusuf Muslihin, H., & Mulyadi, S. (n.d.). PERMAINAN CONGKLAK DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. JCE, 5(1), 2598–2184. https://doi.org/10.xxxxx

Hamiyah, N. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustaka.

Handayani, P., & Sukolilo, S. (2017). Premiere Educandum Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Mata Pelajaran IPS. Priemier Education Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(1), 39–46. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Jazuli, M., Fazat Azizah, L., Meita, N. M., & Wiraraja, U. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF. In Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Jurnal Lensa (Vol. 7).

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. 129.

Lestari, P. I.?; P. E. (2018). PERMAINAN CONGKLAK DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sintesa, 539–546.

Lobang, M. M., & Camerling, Y. F. (2021). Media Pembelajaran dan Kurikulum Pendidikan Jemaat dalam Gereja Berbasis Online untuk Menghadapi Perubahan Globalisasi Abad ke-21. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 61. https://doi.org/10.25278/jitpk.v2i1.488

Mawardi, G., Iriani, T., & Daryati, D. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KOMPETENSI PEMBELAJARAN POKOK MATERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Jurnal PenSil, 8(1), 24–30. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8485

Mukti, krisnanda wijaya. (2006). Wacana Buddha-Dhamma. Yayasan Dharma Pembangunan.

Purnomo, E. A., & Suparman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Pembelajaran Matematika SD. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.960

Sadiman, A. D. (2012). Media Pendidikan. Pustekkomdikbud.

Salam, N., Biologi, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Makassar, A., & Yasin, J. H. M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI SISTEM SARAF. In Jurnal Al-Ahya (Vol. 1).

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. CV. Alfabeta.

Susanto. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pancasila Buddhis Dan Pancadhamma Pendidikan Agama Buddha Kelas VII SMP di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 1, 50–67.

Susanto, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pancasila Buddhis Dan Pancadhamma Pendidikan Agama Buddha Kelas Vii Smp Di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 1(1), 50–67. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v1i1.7

Yeni Verawati Wote, A., Sasingan, M., & Kasiang, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107–111. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. 9(2), 349–361. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Downloads

Published

21-04-2023

How to Cite

Wayan Sunando Gautama, Andi Saputra, Desta Pundarika, & Susanto, S. (2023). Pengembangan Congdanbud untuk Pengenalan Dasar-Dasar Agama sebagai Sarana Belajar Penunjang Sekolah Minggu Buddhis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6071

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check