Peranan Suara pada Film Tilik Sutradara Wahyu Agung Prasetyo

Authors

  • Dani Manesah Program Studi Film dan Televisi, Universitas Potensi Utama , Indonesia
  • Surya Darma Program Studi Film dan Televisi, Universitas Potensi Utama , Indonesia
  • Sri Wahyuni Program Studi Film dan Televisi, Universitas Potensi Utama , Indonesia
  • Muhammad Ali Mursid Alfathoni Program Studi Film dan Televisi, Universitas Potensi Utama , Indonesia
  • Erwin Ginting Program Studi Informatika, Universitas Potensi Utama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6220

Keywords:

Film, Suara, Tilik, Wahyu Agung Prasetyo

Abstract

Adapun judul penelitian ini adalah Perana Suara Pada Film Tilik Sutradara Wahyu Agung Prasetyo. Dalam film ini menceritakan tentang seseorang gadis cantik yang berada dikampungnya dan mempunyai nama Dian. banyak lelaki yang mendekatinya sampai datang melamarnya. masyarakat desa bergunjing perihal status lajang Dian. dalam satu kesempatan masyarakat melakukan perjalanan naik truk dalam rangka menjenguk (tilik) Bu Lurah pada rumah sakit di Kota, beberapa masyarakat berdebat tentang siapa yang bakal mempersunting Dian. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana peranan suara yang terdapat pada film Tilik Sutradara Wahyu Agung Prasetyo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sebuah metode untuk mendeskripsikan peranan suara yang terdapat pada film “Tilik” metode yang digunakan yaitu metode deskripsi kualitatif. Dimana metode ini memberikan pemahaman melalui penjelasan tertulis. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi antara dialog suara pada film tilik sutradara Wahyu Agung Prasetyo yaitu mempermudah dalam menyampaikan suatu kesan kepada penonton adalah seperti Digieticsound dan nondigietic sound yang mampu memberikan dimensi suara pada film Tilik Sutradara Wahyu Agung Prasetyo.

References

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

A.S.C, Joseph V.Mascelli.1987. Sinematografi. Jakarta : Cine/Grafic Publications Hollywood, California 90028.

Manunggal, T.P., 2018. Fungsi Suara Latar Sebagai Penunjuk Setting Dalam Film A Copy Of My Mind (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).

Yozani, Ringgo Eldapi. "Peranan Suara Dalam Film Dokumenter Renita–Renita Dan It’s A Beautiful Day."

Manesah, D. and Damanik, A.B., 2021. Analisis Suara Pada Film Train To Busan Sutradara Yeon Sang-Ho. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 7(1), pp.01-12.

Downloads

Published

06-05-2023

How to Cite

Manesah, D. ., Darma, S. ., Wahyuni, S. ., Alfathoni, M. A. M. ., & Ginting, E. . (2023). Peranan Suara pada Film Tilik Sutradara Wahyu Agung Prasetyo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3652–3657. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6220

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check