Pembelajaran E-Learning Dengan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Andri Febriansyah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rokania, Indonesia
  • Erliyen Nofrianda Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rokania, Indonesia
  • Agung Setiawan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rokania, Indonesia
  • Adyanata Lubis Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rokania, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6333

Keywords:

Aplikasi Quizz, Media Pembelajaran, Pembelajaran daring

Abstract

Pemerintah telah dipaksa oleh keadaan untuk menerapkan undang-undang yang mendorong pembelajaran di rumah di berbagai tingkat sekolah. Kebijakan ini didukung dengan pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) (daring). Diperlukan media yang dapat mendukung pembelajaran untuk memungkinkan pembelajaran online yaitu media pembelajaran Quizizz. Dengan menggunakan aplikasi Quizizz dapat mengajarkan siswa cara belajar yang kreatif sehingga lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan, yaitu membaca, mempelajari, dan menelaah buku-buku dan tulisan-tulisan yang relevan dengan pembahasan dan menggunakan sampel kelas, yaitu kelas XII di salah satu SMA ke atas. Aplikasi Quizizz dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk : Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan guru dapat menghargai kelebihan yang sangat sederhana untuk mengevaluasi pembelajaran, dapat menambah bahan pembelajaran bagi siswa, dan dapat menginspirasi siswa untuk bekerja keras mengerjakan tugas guru. Dimasa digitalisasi saat ini, para guru sering menggunakan aplikasi Quizizz untuk mengajukan pertanyaan kepada siswanya. Hasilnya, kemampuan guru dalam menggunakan sumber belajar aplikasi Quizizz sangat baik karena siswa sangat termotivasi untuk menyelesaikan kuis dan soal-soal yang ada didalamnya. Berdasarkan analisis data dengan presentase kenaikan secara keseluruhan dari pra tindakan ke siklus I diperoleh kenaikan sebesar 28% dengan hasil observasi kemampuan berbicara 59%, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15% dengan hasil observasi kemampuan berbicara 74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Aplikasi Quizizz sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran daring pada saat ini.

References

Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Ginting, J. M., & Mahfudin, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Kahoot Serta Penyuluhan Vaksinasi Covid-19. Journal Elektronik, 3(1), 312–316. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/5950

Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Edmodo Dan Quizizz Untuk Perubahan Pembelajaran luring. 19(2), 262–272.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mahyuddin. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop. 4(2), 402–410.

Mambang, M., Prastya, S. E., Zulfadhilah, M., Cipta, S. P., Marleny, F. D., Melda, M., Maulida, N. M., Putri, P., Ayuba, M. S., Rismawati, R., Wulandari, I., Fikri, R. M., Rahmini, R., Rinjani, H. S., & Maulida, R. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Gamifikasi untuk Pendidikan diMasa Depan. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21–28. ihttps://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2439

Mujtahidin, M., & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 95–106. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.12263

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., Oktaviani, S. N., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika Vi Sdn Karang Tengah 06. PENSA?: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), i280–296. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Rasyid, I. (2020). Pembelajaran Renang Gaya Dada dengan Pendekatan Metode Inklusi. Indonesia Performance Journal 4, 5.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi JIITUJ, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Setiawan Agung, dkk 2019. Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Di unduh di. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/229/232

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946

Suleman, T. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Program Belajar Dari Rumah Di SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(1), 223. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.1.223-238.2022

Wahyudi Sri, dkk 2022. Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Rambah Samo Dalam Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. Di unduh di. https://ejurnal.rokania.ac.id/index.php/jictas/article/view/11

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

15-05-2023

How to Cite

Febriansyah, A. ., Nofrianda, E. ., Setiawan, A. ., & Lubis, A. . (2023). Pembelajaran E-Learning Dengan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3942–3951. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6333

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check