Analisis Semiotika Logo Real Madrid sebagai Corporate Identity

Authors

  • Darma Tri Putra Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Jamiati KN Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6434

Keywords:

Real Madrid, Semiotika, Sepakbola

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Logo Real Madrid Sebagai Corporate Identity. Penelitian ini menyoroti makna tersirat dibalik logo Real Madrid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda (Sign) atau (Representament), acuan tanda (Object) dan penggunaan tanda (Interpretant) yang terdapat pada logo Real Madrid. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol dan makna tersirat yang ada pada logo Real Madrid, serta untuk mengetahui bagaimana logo sebagai bagian dari corporate identity dapat menciptakan citra klub sepakbola Real Madrid sebagai perusahaan berbentuk klub sepakbola yang profesional dan dinamis. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa logo Real Madrid huruf M, C, F berwarna kuning yang terdapat di dalam lingkaran dengan background putih dan garis pada lingkaran berwarna kuning melambangkan nama pada awal terbentuknya club yaitu Madrid Club de Futbol serta garis diagonal simbolis kerajaan. Pada puncak logo terdapat mahkota kebanggaan kerajaan hal tersebut juga menjadi simbol penting untuk merayakan perlindungan istana kerajaan, klub mengubah namanya menjadi Real Madrid, kata "Real" diterjemahkan sebagai "Royal" dan menekankan hubungan dengan orang yang dimahkotai. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan nama mereknya saat ini konsisten dengan status klub terbaik abad ke-20 dan digunakan untuk mempromosikan Real Madrid sebagai merek perusahaan. Ini mencerminkan semua simbol yang telah diperoleh tim selama seratus tahun terakhir: mahkota yang diterima dengan tangan ringan Alfonso XIII, dan singkatan "MCF," berasal dari nama depan Madrid Club de Futbol, dan garis Kastilia. Saat membuat logo, para desainer mengabaikan font yang ada dan hanya menggunakan imajinasi mereka untuk membuat monogram unik. "C" terlihat standar, "F" memiliki goresan horizontal yang dipersingkat, "M" terasa bulat. Palet berisi merah (# EE324E), biru (# 00529F), dan kuning (# FEBE10).

References

Iyansyah, M. I., Sari, S., Shaddiq, S., & Zainul, H. M. (2021). Literasi Manajemen Komunikasi Pemasaran dalam Melaksanakan Etika dan Standar Periklanan. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(10), 1073-1091.

Malik, A., Bagja, B. R., & Istianah, R. (2021). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Tentang Makna Logo Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 6(1), 40-49.

Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea. eProceedings of Management, 2(3

Sergey & Vladimir 2022 https://logos-world.net/real-madrid-logo/ Real Madrid Logo.diakses pada 16 Desember 2022 pukul 10.00

Solomon, C., Harvey, B., Kahn, K., Lieberman, H., Miller, M. L., Minsky, M., ... & Silverman, B. (2020). History of logo. Proceedings of the ACM on Programming Languages, 4(HOPL), 1-66.

Sultanatta, C., & Maryam, S. (2019). Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Downloads

Published

22-05-2023

How to Cite

Putra, D. T. ., & KN, J. . (2023). Analisis Semiotika Logo Real Madrid sebagai Corporate Identity. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4572–4577. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6434

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check