PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA TOPIK PERSAMAAN DASAR AKUTANSI

Main Article Content

Sri Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hasil belajar keterampilan psikologi ekonomi akuntansi mahasiswa melalui pendekatan kooperatif. jenis Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siawa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan 5 pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh data bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Siswa yang berada di awal siklus merasa aneh dan kurang antusias dalam belajar, pada akhir siklus II, menjadi antusias dengan proses pembelajaran. Hasil pengamatan indikator aktivitas dalam proses pembelajaran akhir siklus Idan siklus II menunjukkan bahwa siswa yang bekerja sesuai prosedur diberikan oleh LKS. Kemampuan siswa dalam menggunakan tabel, membaca transaksi pada subjek kemajuan sangat berarti. Dilihat dari semakin banyak digunakan siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil pembelajaran, tingkat penyerapan rata-rata diperoleh dari 52,50% (pada akhir siklus I) menjadi 88,22% (pada akhir siklus II) dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan Cooperative Type Rotating Trio Exchange dikatakan efektif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini tercapai dengan sempurna, yaitu melebihi target. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan psikomotor kelas XI IPS 3 SMAN 2 Siakhulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ekawati, S. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA TOPIK PERSAMAAN DASAR AKUTANSI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 176-184. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.68

References

Dahlah, M.D. (1984). Model-Model Pembelajaran, Bandung: CV Dipenogoro
Musclich, Masnur. (2007). KTSP (Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Konteksual), Jakarta: PT Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Silberman(2009). Rotating Trio Exchange.Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media
Slavin, Robert E.(2005). Cooperative Learning. Terjemahan Cooperative Learning: Theory Research and Prative. Bandung: Nusa Media.
Sukmadinata, N.Sy. (2004). Kurikulum Dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
_______________ . (2004). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Yasmin, Martinis (2006) Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta.