Rancang Bangun Sistem Informasi E-office Untuk Kelurahan Gunung Alam

Authors

  • Ulfi Latifah Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Geovanne Farell Departemen Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6816

Keywords:

Waterfall, Laravel, Rancang Bangun, Surat Menyurat

Abstract

Kemajuan teknologi berakselerasi dengan cepat seiring waktu. Menulis surat, mengumpulkan informasi tentang surat masuk, dan tugas operasional normal lainnya adalah bagian dari surat menyurat. Kantor Kelurahan Gunung Alam Kabupaten Bengkulu Utara menjadi tempat untuk membantu warga dalam mengurus surat-surat mereka. Proyek ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang surat keluar dan mempermudah staf untuk membuat dokumen. Dengan bantuan penelitian ini, Kantor Kelurahan Gunung Alam dapat membuat sistem informasi administrasi surat menyurat berbasis web. Perancangan sistem ini menggunakan pendekatan pengembangan sistem secara waterfall dan framework Laravel berbasis web. Pengujian black-box digunakan untuk pengujian perangkat lunak. Metode pengumpulan data penelitian meliputi observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Sebuah sistem informasi administrasi surat menyurat yang dapat membantu penulisan surat dan menangani data dari surat keluar merupakan hasil akhir dari proyek ini.

References

Irawan, P. (2020). Desain sistem Pengarsipan Surat Dinas Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter. MISI(Jurnal Manajemen Informasi & Sistem Informasi) Volume 3, No 2, 157-165.

Farell, G. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp). Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Vol. 11, 2, 55-62.

Hidaya, S. (2017). Prosedur Pengurusan Surat Untuk Memperlancar Proses Penyampaian Informasi ke Kantor Kecamatan Pamulang . Jurnal Sekretaris vol 3 No.1.

Listiyan, E. (2021). Merancang dan Membangun Sistem Inventaris Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus, Jawa Tengah). KonstelasI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 74-82.

Downloads

Published

08-06-2023

How to Cite

Latifah, U., & Farell, G. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi E-office Untuk Kelurahan Gunung Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4225–4231. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6816

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check