PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Abdi Mulia SMA Negeri 1 Pasir Penyu, Indragiri Hulu Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.7

Keywords:

Media video pembelajaran, visual, writing, emotional activities

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA3 SMAN 1 Pasir Penyu tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 29. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan media video pembelajaran pada materi Gejala Gelombang. Hasil belajar yang diukur khusus di ranah kognitif saja dan aktivitas siswa yang dinilai berdasarkan visual activities yaitu siwa memperhatikan penjelasan guru, oral activities yaitu siswa mengajukan pendapat, berdiskusi, dan bertanya, writing activities yaitu siswa menyelesaikan tugas LKS yang berkaitan dengan video pembelajaran, mental activities yaitu siswa mengingat materi dan mampu menyelesaikan soal, dan emotional activities yaitu siswa terlihat senang dan antusias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar (kognitif) pada materi Gejala Gelombang dengan penggunaan media video pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 65 dan 82 pada siklus II. Pencapaian ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 50% pada siklus I bahkan mencapai 77% pada siklus II. Data observasi aktivitas siswa pun menunjukkan peningkatan dengan penggunaan media video pembelajaran, rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 10% dan 27% pada siklus II.

References

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.
Arsyad, Azhar. Media Pembelejaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2002.
Badudu, J.S. dan Sutan Muh. Zain. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1994.
Bagus, Lorens. Kamus Filsafa., Jakarta: Gramedia. 2002.
Hamalik, Oemar, Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti. 1998. Jalaludin dan Abdullah. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama. 1997.
Naim, Ngainun Menjadi Guru Inspiratif; Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
Rohani, Ahmad. dan Abu Ahmad. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Sadiman, Arif. dkk. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 2010.
Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RaSAIL Media Group, 2007. Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Downloads

Published

24-06-2018

How to Cite

Mulia, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 545–555. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.7

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check