Penerapan Model CTL untuk Melatih Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang di SD Kelas I

Authors

  • Arfi Purnama Nur Indah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia
  • Irawati Nuraeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia
  • Nishfa Syahira Azima Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia
  • Selvi Novitasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia
  • Komariah Komariah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7061

Keywords:

Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh seorang guru ketika merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan memilih model pembelajaran, guru dapat melihat langkah-langkah dari model yang dipilih untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang direncanakan. model pembelajaran CTL merupakan model pembelajaran yang akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan mempengaruhi hasil belajar siswa. cTL merupakan model pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat memahami makna materi dan materi pembelajaran serta mengaitkannya dengan konteks kehidupan di lingkungannya sehari-hari, model pembelajaran kontekstual ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dinamis siswa. meningkatkan. penelitian ini menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran CTL akan melatih siswa untuk melaksanakan pembelajaran dengan kegiatan yang bermakna dan meningkatkan hasil belajar siswa. model pembelajaran CTL memungkinkan siswa untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri secara bebas, meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi campur tangan siswa, dan meningkatkan keterikatan siswa

References

Aini, S. N. (2020) Penggunaan Media Pop-Up Box Pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 6(4).

Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA kelas IV SD.

Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71-84.

Fathurrohman, M. "Model-model pembelajaran." Jogjakarta: Ar-ruzz media (2015).

Ginting, K. (2013). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 060885 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644-2652.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Sudiyati, F., Maridjo, A. H., & Priyadi, A. T. (2013). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Cooperative Learning pada Siswa Kelas I Sdn 18 Kembayan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(1).

Downloads

Published

19-06-2023

How to Cite

Indah, A. P. N. ., Nuraeni, I. ., Azima, N. S., Novitasari, S. ., & Komariah, K. (2023). Penerapan Model CTL untuk Melatih Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang di SD Kelas I. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5440–5446. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7061

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check