Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif

Authors

  • Jasiah Jasiah IAIN Palangkaraya, Indonesia
  • Mardiati Mardiati STKIP Budidaya Binjai , Indonesia
  • Helmi Ali Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi, Indonesia
  • Nofri Yudi Arifin Universitas Ibnu Sina , Indonesia
  • Villia Anggraini Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Zainol Hasan Universitas Ibrahimy Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7256

Keywords:

Aplikasi, Geogebra, Keterampilan Berpikir Kreatif

Abstract

Berdasarkan hasil observasi  yang telah peneliti lakukan, dapat dilihat bahwa mahasiswa dalam melaksanakan  tugas  individu,  masih  ada  mahasiswa  yang  kurang kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kurangnya penggunakan aplikasi dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh dosen misalnya pada mata kuiah statistik. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik Untuk megadakan penelitian tentang Pengaruh  penggunaan  aplikasi  geogebra  Terhadap  ketrampilan berpikir kreatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  penggunaan  aplikasi  geogebra  Terhadap  ketrampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan dengan menerapkan pembelajaran dengan penggunaaan aplikasi  geogebra  terhadap kemampuan berpikir kreatif. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 yang mengontrak mata kuliah statistik dasar. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa semester 1A.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal test kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk essay. Peneliti melakukan pretest dan posttest. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi.Berdasarkan  pretest  dan  posttes  diperoleh  nilai  rata-rata  ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa  masing-masing 70,14  dan  81,26.  Nilai  rata-rata  postest  lebih  tinggi  dibandingkan  nilai  rata-rata  ketrampilan berpikir kreatif pretest  mahasiswa.  Selanjutnya  berdasarkan  analisis  data  yang  menggunakan  uji-t  diperoleh  nilai  signifikansi  (p-value)  <    atau  dengan  kata  lain  0,000 < 0,05  artinya  H1, terdapat Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif.

References

Abdullah, S.R., 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Bergili, B. (2015). Creative and critical thinking skills in problem-based learning environment. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71-80.

Dikovic, Ljubica. 2009. Applications GeoGebra into Teaching Some Topics of Mathematics at the College Level. Tersedia: http://elib.mi.sanu.ac.rs/files/journals/csis/12/060209.pdf [11 Juni 2023].

Elgrably, H., & Leikin, R. (2021). Creativity as a function of problem-solving expertise: posing new problems through investigations. ZDM–Mathematics Education, 1-14.

Harriman. (2017). Berpikir Kreatif. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Kurinasih, I. B. s., 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Ikhlas, dkk., 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(4) : 13119-13128.

Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

UU RI No. 20 Tahun 2003 . (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

24-06-2023

How to Cite

Jasiah, J., Mardiati, M., Ali, H., Arifin, N. Y. ., Anggraini, V., & Hasan, Z. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6550–6557. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7256

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check