Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan

Authors

  • Puji Lestari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7588

Keywords:

Problem Based Learning, Quizizz, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media Quizizz pada siswa kelas II SDN peterongan. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa Kelas II banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa Kelas II di SDN Peterongan dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL) menggunakan media Quizizz, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor indikator aktivitas pembelajaran pada siklus I pertemuan I adalah 67 dan pada pertemuan II perolehan nilai sebesar 74 dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71% dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II pada pertemuan I rata-rata nilai sebesar 81 dan pada pertemuan II perolehan nilai sebesar 93 rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 87%  dengan kategori tinggi dengan rata-rata nilai 90. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media Quizizz pada siswa kelas II SDN peterongan dapat meningkatkan hasil belajar.

References

Amir et al. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematiksiswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22-34.

Chaiyo, Y. (2017).Pengaruh Kahoot, Quizizz dan Google Forms Terhadap Persepsi Siswa Pada Sistem Respon Kelas. Jurnal Universitas Chiang Rai. Thailand.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kadir, A. (2012). Dasar- Dasar Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Kamarianto, et al. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Kunandar. (2012) . Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Murtono.(2017). Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif Student Center Learning. Ponorogo: Grup Wade.

Riswati, et al. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Sodiq et al. (2021). Persepsi Guru dan Peserta Didik Terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5),

Sukartini, N.N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Evaluasi Quizizz untuk Meningkatkanhasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 73-82.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Grup Prenadamedia.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Taufiq, A. (2014). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Widana, I.W. (2020). The Effect of Digital Literacy on the Ability of Teachers to Develop HOTS-based Assessment. Journal of Physics Conference Series, 1503(1),012045.

Downloads

Published

03-07-2023

How to Cite

Lestari, P., Setyawati, R. D., & Reffiane, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8589–8596. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7588

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check