Pemanfaatan Software Matlab Pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb Guna Meningkatkan Minat Belajar

Authors

  • Alhidayatuddiniyah T W Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Santy Handayani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Didik Nur Huda Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7713

Keywords:

Fisika, Coulomb, Kalkulator, GUI, Matlab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan memanfaatan aplikasi Matlab dan serta meningkatkan minat belajar mahasiswa dalam memahami konsep Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE, namun penelitian ini dibatasi pada tahap Implementasi. Proses penelitian dimulai dengan studi literatur, lalu perancangan GUI dan pemrograman kalkulator Fisika dengan materi Hukum Coulomb yang diajarkan di kelas usai pemberian materi Hukum Coulomb. Dilanjutkan mahasiswa membuat aplikasi kalkulator fisika yang serupa. Dari hasil yang diperoleh, didapatkan mahasiswa menggunakan tool yang berbeda dengan yang dosen ajarkan di kelas. Juga antusias yang tercipta saat pembelajaran berlangsung didapatkan dari banyaknya pertanyaan dari mahasiswa dalam menentukan rumus yang dapat di aplikasikan di pemrograman Kalkulator Fisika, sehingga hasil yang diperoleh dari perhitungan manual, nilainya sama dengan yang dicoba pada aplikasi Kalkulator Fisika berbasis Matlab.

References

Alhidayatuddiniyah, T. W., Sumarni, R. A., & Astuti, S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pro CS6 untuk SMA pada Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 6-11.

Alhidayatuddiniyah, A., Astuti, S. P., & Handayani, S. (2020). Perancangan Aplikasi Konversi Besaran Berbasis Matlab untuk Mahasiswa Informatika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2(1), 25-29.

Alhidayatuddiniyah, T. W., & Astuti, S. P. (2020). Perancangan Aplikasi Kalkulator Kinematika pada Mata Kuliah Fisika Gerak Berbasis Matlab. Proceeding In SINASIS (Seminar Nasional Sains) 1(1), 24-28.

Alhidayatuddiniyah, T. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whitheboard Animation pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb. Proceeding in Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 5(1), 14-17.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225.

Handayani, S., & Huda, D. N. (2021). Kalkulator gerak lurus berubah beraturan dan gerak lurus berubah beraturan berbasis matlab. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 3(1), 22-26.

Handayani, S., & Heriyati, H. (2022). Pengaruh Kemampuan Kalkulus Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika. Proceeding In SINASIS (Seminar Nasional Sains) 3(1).

Huda, D. N., & Handayani, S. (2021). Media Pembelajaran Video Animasi Fisika dengan Microsoft Powerpoint. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 3(2), 89-93.

Wahyuni. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10-23.

Downloads

Published

07-07-2023

How to Cite

W, A. T., Handayani, S., & Huda, D. N. (2023). Pemanfaatan Software Matlab Pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb Guna Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9184–9190. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7713

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check