Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang)

Authors

  • Mevyola Sri Paysa Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Annur Fitri Hayati Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7717

Keywords:

Kahoot, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu) menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media evaluasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang). Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Media Evaluasi Kahoot sebagai variabel bebas (X) dan Hasil Belajar Siswa sebagai variabel terikat (Y). Desain penelitian ini menggunakan Pre-test dan Post-test Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang sebanyak 356 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 72 orang siswa yaitu kelas XE.7 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XE.5 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dimana semua analisis diolah menggunakan SPSS versi 22 dengan alpha 0,05. Hasil penelitian berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media evaluasi Kahoot pada kelas eksperimen. Dengan demikian penggunaan media evaluasi Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,102 > 0,05 maka H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan media evaluasi Kahoot maupun kelas kontrol yang tidak menggunakan media evaluasi Kahoot (konvensional).

References

Aisyah, Siti. (2020). Pengembangan Computer Based Testing Dengan Aplikasi “Kahoot”! Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran.

Dellos, Ryan. (2015). Kahoot! A Digital Game Resource For Learning.

Dewi, Bertita Alika. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kauman Padang Panjang.

Dimas Amrullah. (2020). Keefektifan Aplikasi Kahoot Berbasis Web Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMAN 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fauzan, Rizka. (2019). Pemanfaatan Gamification Kahoot.It Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Proseding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol.2 No.1 (2019),207

Kurnia Dewi, Cahaya. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X

Lime, (2018). Pemanfaatan Media Kahoot pada Proses Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD ditinjau dari kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Marno Dan Idris, M. (2014). Strategi & Metode Pengajaran : Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif Dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ningrum, Gres Dyah Kusuma. (2018). Studi Penerapan Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Vox Edukasi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.9, No.1 (2018)

Irwan, I (2020). Efektifitas penggunaan Kahoot! Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Sari, E. E., (2020). Pengaruh Media Game Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 19 Makassar Pada Materi Virus.

Sihombing,dkk. (2021). Perbandingan kepuasan mahasiswa pada pelaksanaan kuis dengan metode konvensional dan Kahoot! aplikasi. JIKSH Vol.10 No.1 Juni 2021

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Sumarso.(2019). Pembimbingan guru membuat kuis online Kahoot dengan Combro. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using kahoot! for learning – A literature review. Computers & Education, 103818. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818

Zoebaidha, S. (2020). Penggunaan Media Prezi dan Kahoot Serta Pemberian Reward Sebagai Upaya. 08(02), 213–233.

Downloads

Published

07-07-2023

How to Cite

Paysa, M. S., & Hayati, A. F. . (2023). Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9215–9223. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7717

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check