Pemodelan User Interface dan User Experience Menggunakan Design Thinking

Authors

  • Andy Rachman Institut Teknokogi Adhi Tama Surabaya, Indonesia
  • Brian Sebastian Salim Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Indonesia
  • Anwar Sodik Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya , Indonesia
  • Juni Iswanto IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk, Indonesia
  • Antonius Rino Vanchapo STIKes Faathir Husada, Indonesia
  • Melda Agnes Manuhutu Universitas Victory sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7807

Keywords:

Pemodelan User Interface, Experience Menggunakan Design Thinking

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai aktivitas dialihkan menjadi secara daring, salah satunya aktivitas belajar di sekolah. Karena belum memiliki sistem informasi e-learning sendiri, kegiatan belajar daring di SMA Tunas Bangsa Palembang memanfaatkan berbagai media seperti Classroom untuk membuat kelas, Google form untuk mengisi absen, hingga Youtube untuk menyampaikan materi. Banyaknya media serta masih terdapat kekurangan yang dirasakan terkait fitur dari media yang digunakan menyebabkan pelaksanaan kegiatan belajar menjadi kurang efektif dan efisien. Sehingga, agar dapat menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan perancangan user interface dan user experience (UI/UX) sistem informasi e-learning. Penelitian ini menggunakan design thinking sebagai metode yang memiliki 5 tahapan, dimulai dengan empathize sampai pengujian prototype desain solusi (test). Pengujian prototype dilakukan dengan metode usability testing yaitu menggunakan skenario tugas serta kuesioner System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian usability testing menggunakan skenario tugas dan kuesioner SUS antara lain untuk aspek learnability dan efficiency kelompok pengguna guru dan siswa yaitu 100% dan 0,04 goals/sec, untuk aspek satisfaction pengguna guru yaitu 93 dengan grade scale “A” dan untuk pengguna siswa yaitu 85 dengan grade scale “B”, skor penilaian UEQ untuk dua kelompok pengguna berada diatas 2,0 di semua kategori penilaian yaitu “Daya Tarik”, “Kejelasan”, “Efisiensi”, “Ketepatan”, “Stimulasi”, “Kebaruan”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa desain prototype e-learning telah memiliki user experience yang baik. Kata kunci— Design Thinking; E-Learning; Perancangan UI/UX.

References

Abdillah, Leon Andretti. 2019. “Analisis Aplikasi Mobile Transportasi Online Menggunakan User Experience Questionnaire Pada Era Milenial Dan Z.” JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS 9(2):204. doi: 10.21456/vol9iss2pp204-211.

Aeni, Nurul. 2021. “Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial.” Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK 17(1):17–34. doi: 10.33658/jl.v17i1.249.

Dona Fitriawan. 2022. “The Effect of Online Learning Using Online Media on Learning Achievement.” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 5(1):1–9. doi: 10.30605/proximal.v5i1.1546.

Karlina, Devi, and Dwi Rosa Indah. 2022. “Perancangan User Interface Dan User Experience Sistem Informasi E-Learning Menggunakan Design Thinking.” Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 8(3). doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.

Lengkong, S.Kom., M.Ds., Oktoverano, Melissa Dawn Tumewu, and Novena Thelma Tessalonika Lumintang. 2021. “Analisis Usability Pada Aplikasi M-Commerce Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan USE (Usefulness, Satisfaction, Ease of Use) Questionnaire.” CogITo Smart Journal 7(1):182–92. doi: 10.31154/cogito.v7i1.311.182-192.

Muh, Andi, Akbar Saputra, Nining Huriati, Arkam Lahiya, Amaludin Bahansubu, and Agus Rofi. 2023. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa.” 06(01):1102–10.

Nadhif, Ahmad Khainur, Dian Taufiq Wijaya Jati, Muh. Fajar Hussein, and Ina Sholihah Widiati. 2021. “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking.” Jurnal Ilmiah IT CIDA 7(1):44–55. doi: 10.55635/jic.v7i1.146.

Pradana, Aditya Raka, Moh Idris, S. Kom, and M. Kom. 2021. “Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-Learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).” Automata 2(2).

Sharfina, Zahra, and Harry Budi Santoso. 2016. “An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS).” Pp. 145–48 in 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS). IEEE.

Vol, Teknik, No Maret, Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan, and Ilmu Komputer. 2023. “MOBILE-BASED BUS RAPID TRANSIT ( BRT ) PAYMENT INFORMATION SYSTEM.” 3(1):47–62.

Yunus, Ahmad. 2018. “Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design.” Jurnal User Interface 1:95.

Downloads

Published

10-07-2023

How to Cite

Rachman, A., Salim, B. S. ., Sodik, A., Iswanto, J., Vanchapo , A. R. ., & Manuhutu, M. A. . (2023). Pemodelan User Interface dan User Experience Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9281–9289. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7807

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check