Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Imperfect Karya Meira Anastasia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Meisy Kumala Sari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dewi Anggraini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7924

Keywords:

Nilai-nilai Sosial, Novel, Imperfect

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Imperfect karya Meira Anastasia dan Implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Imperfect. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan ditemukan lima jenis nilai sosial dalam novel Imperfect karya Meira Anastasia dengan tujuh puluh lima data yaitu nilai sosial kekerasan, kasih sayang, tolong menolong, bekerja keras, dan empati. Diharapkan dari penelitian mengenai nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Imperfect ini memiliki implikasi untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di ruang kelas. Dari penelitian ini banyak nilai-nilai dan hikmah yang dapat diambil untuk menjadi sebuah pembelajaran sehingga nilai-nilai yang terdapat dalam novel tersebut bisa diimplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdulsyani. (1994). Sosiologi, Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aisyah, S, dkk, (2016). Nilai-nilai Sosial Novel Sordam Karya Suhunan Situmorang, Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, Vol 1,No.1.http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/download/100/80. Diunduh 8 maret 2022.

Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

Burhan, Nurgiyantoro. (2009). Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Gani, E. (2010). Pantun Minang Kabau dalam Perspektif Budaya dan Pendidikan. Padang: UNP Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Muhardi & Hasanuddin W.S. (2006). Prosedur analisis fiksi. Padang: Citra Budaya Indonesia.

Jahuri, H. (2010). Cara Memahami nilai Religius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Respons. Bandung: Arfindo Raya.

Kemendikbud. (2018). Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud. No 20 tahun 2018 tentang Satuan Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Novita Linda Sari, Emi Agustina, & Bustanuddin Lubis. 2019. Nilai-nilai Sosial dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. (Skripsi). FKIP Universitas Bengkulu.

Qamariah, S. (2015). Tanggung Jawab keluarga dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak. Ejurnal. From https tanggung jawab keluarga dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak syrifah qamariah. Diakses 25 Maret 2022.

Sadikin, Mustofa. (2010). Pengantar Apresiasi Sastra. Jakarta: Gudang Ilmu.

Sari, N. L., Agustina E., & Lubis B. (2019). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel “Tentang Kamu” karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 55-65.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

14-07-2023

How to Cite

Kumala Sari, M. ., & Anggraini, D. (2023). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Imperfect Karya Meira Anastasia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9981–9989. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7924

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check