Konjungsi dalam Rubrik Editorial Mediaindonesia.com dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Editorial di SMA

Authors

  • Nella Novianda Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Dewi Anggraini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7955

Keywords:

Konjungsi, Editorial, Implikasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana penggunaan konjungsi pada rubrik editorial dalam mediaindonesia.com edisi Februari 2023. Kedua, untuk mengetahui implikasinya dalam pembelajaran teks editorial kelas XII di SMA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan konjungsi dalam rubrik editorial mediaindonesia.com dan bagaimana implikasinya dalam pembelajaran teks editorial kelas XII di SMA Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, dalam tulisan editorial mediaindonesia.com terdapat empat jenis konjungsi yang tersebar dalam beberapa fungsi makna yaitu konjungsi koordinatif, konjungsi subordinarif, konjungsi korelatif, dan konjungsi antarkalimat. Kedua, konjungsi yang paling dominan terdapat dalam tulisan editorial mediaindonesia.com edisi Februari 2023 adalah konjungsi subordinatif.

References

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, A. M., & Sumarsono, T. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. (2007). Kajian Bahasa: Struktur Internal. Jakarta: Rineka Cipta.

Eka, C. A. (2015). Efektivitas Pembelajaran Teks Editorial untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 40-49.

Haswin, (2011). Kemampuan Menggunakan Konjungsi Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pamboang Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Skripsi. FKIP Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muamadiyah Makassar.

Karimzadeh, M., Naderi, M., & Hajiabadi, M. R. (2015). The Effect of Conjunctions on Grammatical Competence of Iranian EFL Learners. International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 4(6), 161-166.

Purnamasari, V. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dan Subordinatif Berita Utama pada Media Online Detikcom Edisi Januari 2017. Skripsi. FKIP Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Puspitasari, A., & Kusumarini, N. (2020). The Analysis of Conjunction Usage in Online News Articles. International Journal of Language, Literature and Culture, 7(2), 6-12.

Qomariah, S. (2015). Penggunaan Konjungsi dalam Surat Kabar Kompas. Skripsi. FKIP Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau.

Safitri, N. (2022). Penggunaan Konjungsi pada Rubrik Media Online Geotimeid Edisi Oktober 2019. Skripsi. FBS Studi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang.

Sari, N. P. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi pada Artikel Surat Kabar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 11-20.

Suyatno. (2012). Pengantar Linguistik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widiatmoko. (2008). Pengajaran Menulis Kreatif dan Pembacaan Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

15-07-2023

How to Cite

Novianda, N., & Anggraini, D. (2023). Konjungsi dalam Rubrik Editorial Mediaindonesia.com dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Editorial di SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10187–10198. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7955

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check