Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Dongeng

Authors

  • Rosita Tirtasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7979

Keywords:

Berbicara, Bahasa Indonesia, Dongeng

Abstract

 

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berkomunikasi yang harus dimiliki oleh peserta didik di abad 21. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab hasil analisis dan mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN Wonotingal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis angket keterampilan berbicara siswa pada siswa rerata didapatkan 72% pada kategori baik, dengan empat indikator yaitu kesesuaian ucapan dengan topik (70%), ketepatan pemilihan kata dan ejaan (65%), ketepatan penyusunan kalimat (80%), serta intonasi dan ekspresi (72%). Sedangkan hasil analisis angket keterampilan berbicara siswa dari peneliti rerata didapatkan 71% pada kategori baik, dengan empat indikator yaitu kesesuaian ucapan dengan topik (72%), ketepatan pemilihan kata dan ejaan (64%), ketepatan penyusunan kalimat (76%), serta intonasi dan ekspresi (73%).

 

References

Ali, Muhammad. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal PAUD. Vol 3 No. 1.

Aufa, Fatimah Nurul, dkk. 2020. Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 1 No. 2.

Beta, Pancana. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education. Vol. 2 No. 2.

Kurniawan, Masda Satria, dkk. 2020. Problematika dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. JPRD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar). Vol. 1 No. 1.

Moleong. 2017. Metodologi Peneletian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Nikmah, Din Adini Ayun, dkk. 2020. Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1 (1).

Saddono, K. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sarosa, Samiaji. 2017. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar Edisi Kedua. Jakarta: Indeks Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Trianto, A. 2007. Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia Untuk SMP Dan MTS Kelas VII. Esis.

Zulfa, Ikrimatuz. 2019. Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas IV di Kecamatan Sukodono. JPGSD. Vol 7 No. 05.

Downloads

Published

15-07-2023

How to Cite

Tirtasari, R., Fajriyah, K., & Sulianto, J. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Dongeng. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10231–10237. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7979

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check