Penggunaan Kata Tugas Preposisi dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Pemalang

Authors

  • Salsabila Setyanuryana Rizky Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ngatmini Ngatmini Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Eva Ardiana Indrariani Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8008

Keywords:

Kata Tugas, Preposisi, Pembelajaran

Abstract

Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan antara guru dan peserta didik tidak terlepas dari penggunaan kata tugas secara lisan. Saat proses pembelajaran, bisa saja ada kesalahan penggunaan kata tugas diucapkan, tetapi tidak menutup kemungkinan ada kata tugas yang diucapkan dengan benar sesuai dengan penggunaan kata tugas. Penggunaan kata tugas berfungsi untuk menegaskan atau menjelaskan kalimat dan bagiannya sehingga makna yang dihasilkan akan jelas. Jika kata tugas tidak ada dalam pembelajaran Bahasa Indonesia atau penggunaan yang kurang tepat dapat menimbulkan perbedaan makna dalam sebuah kalimat. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus dan tidak ada tindak lanjut, dapat menyebabkan munculnya kesalahan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode simak, observasi, teknik catat, dan teknik rekam audio. Hasil penelitian dari penggunaan kata tugas preposisi ditemukan pemakaian tepat dan tidak tepat. Penggunaan preposisi yang ditemukan yaitu preposisi untuk, preposisi oleh, preposisi karena, preposisi di, preposisi dengan, preposisi tentang, preposisi sampai, preposisi pada, preposisi dari, preposisi ke, preposisi dari … sampai …, preposisi antara … dan …, dan preposisi antara … dengan … . Penggunaan preposisi tidak tepat ditemukan pada preposisi pada, dengan, dan sampai. Hasil penelitian kata tugas preposisi tepat ada 67 data dan tidak tepat ditemukan tiga data.

References

Alwi, Hasan. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamaluddin, Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Kota Parepare. CV Kaaffah Learning Center.

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

PHM, Siswanto. 2015. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Media Perkasa.

Prasetyo, Sigit. 2019. “Analisis Kesalahan Ejaan Teks Biografi Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.

Pribady, Haries. 2018. Pengantar Metodologi Penelitian Linguistik. Sambas. Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syarifiuddin.

Puspitasari, Intan Ulfyana. 2021. “Pemerolehan Fonologi Anak Usia 1-3 Tahun pada Pasangan Pernikahan Jawa Madura”. Skripsi. STKIP PGRI Pacitan.

Saputra, Juanda. 2020. “Hubungan Perceived Social Support dengan Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial Media Instagram pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau”. Skripsi. UIN Suska Riau.

Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

16-07-2023

How to Cite

Rizky, S. S. ., Ngatmini, N., & Indrariani, E. A. . (2023). Penggunaan Kata Tugas Preposisi dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Pemalang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10418–10423. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8008

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check