Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Mandiri Sejahtera

Authors

  • Budi Akhmad Tarigan Universitas Tama Jagakarsa , Indonesia
  • Shinta Rahmani Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Rahmat Hidayat Universitas An Nur Lampung, Indonesia
  • Taqwa Sultan Politeknik Negeri Kupang, Indonesia
  • Antonius Rino Vanchapo STIKES Faathir Husada, Indonesia
  • Agus Setiono Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8129

Keywords:

Gaya Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Disiplin kerja karyawan akan dapat ditingkatkan, seiring dengan terselenggaranya kegiatan yang dikelola oleh pemimpin yang memiliki kemampuan dan kreativitas dalam mengelola berbagai kegiatan yang dilakukan dengan baik, efisien dan tersusun dengan baik. Dari data yang diperoleh peneliti, sebagai salah satu komponen dalam disiplin kerja, ditemukan adanya peningkatan jumlah keterlambatan di PT Mandiri Sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Mandiri Sejahtera. Penelitian ini menggunakan kuantitatif pendekatan deskriptif korelasional. Sampel berjumlah 32 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data tadi dilakukan dengan instrumen angket dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan uji-F dan uji regresi berganda. Analisis deskriptif ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional variabel gaya dan disiplin kerja tergolong baik, serta iklim organisasi tergolong baik tergolong kondusif. Hasil korelasi menggambarkan: (1). Gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan pengaruh 0,000 < 0,05 terhadap disiplin kerja, (2). Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap 0,040 < 0,05 pada disiplin kerja. (3). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Disiplin Kerja (R = 0,888). Kesimpulannya, Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Mandiri Sejahtera.

References

Aminullah,D.,dkk.(2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Iklim Sekolah pada SMPN 4 Negara.E-Journal. Vol.4 no.1.

Fazri, D.A.T.(2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transkasioanal dengan Disiplin Kerja Pada Karyawan PT. Kembar Abadi Utama di kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser. e-journal Psikologi. Vol.2(2): 150-1161.

Helmi,A.F.(2016). Disiplin Kerja. Buletin psikologi, 4(2), 32-41.

Hendayat. (2012). Perilaku Organisasi: Teori dan Praktik di Bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kiki Cahaya Setiawan, 2015. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana Di Devisi Operasi PT. Pusri Palembang. Psikis Jurnal Psikologi Islami Vol. 1 No. 1 (2015) 23-32.

Lussier, N Robert, 2005. Human Relations in Organization Applications and skill Building. New York: McGraw Hill.

Luthans, F. (1998). Organizational Behavior. Singapore, McGraw-Hill Books Company.

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Northouse, P.G. (2013). Kepemimpinan : Teori dan Praktik, Edisi: Keenam (Leadership: Theory and Practice, 6 th edition). Jakarta: PT. Indeks.

Rendyka Dio Siswanto, Djambur Hamid, 2017. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada karyawan divisi Human Resources Management Compensation and Benefits PT Freeport Indonesia), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 42 No.1.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. (2011). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi: 3. Jakarta Bumi Aksara.

Downloads

Published

20-07-2023

How to Cite

Tarigan, B. A. ., Rahmani, S., Hidayat, R., Sultan, T., Vanchapo, A. R. ., & Setiono, A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Mandiri Sejahtera. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11142–11148. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8129

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check