Validasi Instrumen Eksplorasi Etnomatematika Pada Silat Perisai di Kabupaten Kampar

Authors

  • Allisa Maulidina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • Aprina Dinta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Dayu Irmansyah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Fajar Ramadani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • M Hafis Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • Rapika Andela Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Silvira Andani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • Astuti Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • Zulfah Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.8278

Keywords:

Etnomatematika, Silat Perisai di Kabupaten Kampar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan instrumen validasi berkualitas yang akan digunakan dalam eksplorasi konsep matematika pada Silat Perisai di Kabupaten Kampar. Subjek penelitian terdiri dari 3 validator ahli yang memiliki kompetensi di bidangnya. Penelitian ini menggunakan instrumen validitas. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penilaian lembar wawancara dengan menggunakan instrumen validasi, dinyatakan bahwa lembar penilaian tersebut berada dalam kategori yang valid. Oleh karena itu, lembar wawancara tersebut telah dianggap sesuai dan dapat digunakan untuk memperoleh data penilaian dan informasi terkait kebutuhan penelitian.

References

Putri, L. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.

Suryani, N. (2020). Upaya Pelestarian Silat Perisai di Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Puitika, 16(1), 48–60.

Downloads

Published

02-03-2021

How to Cite

Maulidina, A., Dinta, A., Irmansyah, D., Ramadani, F., Hafis, M., Andela, R., Andani, S., Astuti, A., & Zulfah, Z. (2021). Validasi Instrumen Eksplorasi Etnomatematika Pada Silat Perisai di Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2665–2668. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.8278

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check