Visualisasi Manusia Tanpa Media Sosial dalam Karya Seni Grafis

Authors

  • Herman Juliyanto Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yofita Sandra Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8309

Keywords:

Manusia, Media Sosial, Senigrafis, Serigrafi

Abstract

Tujuan pembuatan karya akhir ini adalah sebagai penyampaian pesan dan kritik sosial supaya masyarakat mempunyai gambaran tentang manusia tanpa media sosial dengan cara memvisualisasikan dampak positif dan negatif manusia tanpa media sosial dalam karya seni grafis. Metode penciptaan karya ini akan dilakukan secara bertahap. Pertama, akan dimulai dengan tahap persiapan yang melibatkan pengamatan fenomena yang terjadi secara langsung. Selanjutnya, akan dilakukan tahap elaborasi untuk mendalami konsep. Setelah itu, akan dilakukan tahap sintesis untuk menciptakan ide-ide kreatif. Kemudian, konsep tersebut akan direalisasikan melalui pembuatan sketsa, pengumpulan bahan, alat, dan proses penggarapan karya. Akhirnya, karya akan diselesaikan pada tahap penyelesaian atau finishing. Seluruh karya seni grafis menggunakan metode Serigrafi dengan teknik pola potong dan blok/colet. Setiap karya memiliki ukuran 61 x 46 cm berdasarkan tema fenomena sosial dengan ide manusia tanpa media sosial dalam karya seni grafis yang di kembangankan dengan judul, “Tatap Muka”, “Selektif”, “ Dulu vs Sekarang”, “Surat Kabar, “Efisien”, “ Privasi”, “ Tersisih”, “Ketinggalan”,  “Kurangnya Cyber bullying”,  dan “Kurangnya cyber crime”.

References

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.

Ariusmedi, M. S., & Irwan, M. S. (2012). Rancangan Pembelajaran Seni Grafis 2. 2. Padang: FBS Universitas Negeri Padang.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106.

Downloads

Published

25-07-2023

How to Cite

Juliyanto, H., & Sandra, Y. (2023). Visualisasi Manusia Tanpa Media Sosial dalam Karya Seni Grafis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12076–12087. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8309

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check