Implementasi Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mengimplementasikan Kewirausahaan SMK

Authors

  • Ai Surtika Dewi STIE Wibawa Karta Raharja, Indonesia
  • Dinda Amelia STIE Wibawa Karta Raharja, Indonesia
  • Arif Hidayat Universitas Pertiwi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8456

Keywords:

Manajemen Pembelajaran Teaching Factory, Kewirausahaan

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan masyarakat dalam era globalisasi. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui efektivitas pembelajaran manajemen teaching factory dalam implementasi kewirausahaan SMK yang meliputi 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) evaluasi, dan 5) faktor pendukung dan penghambat. Teaching factory learning merupakan model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan produksi yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Pembelajaran tersebut dapat membantu mempersiapkan siswa untuk memiliki orientasi kewirausahaan, melatih, mendidik, dan menciptakan tenaga kerja profesional yang diinginkan oleh dunia kerja dan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data dan informasi yang berkaitan dengan pengelolaan sekolah, dalam menumbuhkan jiwa wirausaha pada siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mencatat bahwa; (1) pelaksanaan teaching factory dimulai dari pembentukan struktur manajemen, kerjasama kurikulum, dan kerjasama dengan industri. Standar kompetensi yang digunakan merupakan penerapan kurikulum sekolah, melibatkan siswa yang menguasai kompetensi kejuruan dan memiliki minat atau bakat. Media pembelajaran berupa produk atau jasa telah disesuaikan dengan kompetensi. Instruktur yang terlibat memiliki kualifikasi akademik, pengalaman di industri, dan komitmen (2) faktor pendukung produk atau jasa unggulan teaching factory, sumber daya manusia yang kompeten, infrastruktur pendukung, strategi kerja yang dapat disesuaikan dengan kondisi (3) faktor penghambat teaching factory, yang adalah modal yang tidak mencukupi untuk melakukan kegiatan secara optimal dan mandiri, sarana dan prasarana yang tidak memadai serta ketepatan waktu dalam pengolahan. Rekomendasi yang diberikan kepada berbagai pihak antara lain, bagi sekolah perlu adanya kebijakan tentang pentingnya kegiatan wirausaha untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menyambut peluang kerja. Bagi kalangan akademisi untuk menambah pengetahuan tentang manajemen kewirausahaan, khususnya bagi siswa dan guru.

References

Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Ing (2014). Evaluasi Manajemen Teaching Factory pada Unit Produksi Training Hotel SMK Kridawisata. Jurnal FKIP UNS. www.fkip.uns.ac.id diakses tanggal 5 Oktober 2019

Hadawiyah. (2005). Strategi Memenangkan Persaingan dalam Pemasaran Surat Kabar Harian di Makasar Kasus Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat. Makasar: Pasca Sarjana Universitas Hasanudin.

Hadlock, H., Wells, S., Hall, J., et al. (2008). From Practice to Entrepreneurship: Rethinking the Learning Factory Approach. Proceedings of The 2008 IAJC-IJME International Conference, ISBN 978-1-60643-379-9

Kahar, Muhammad Abdul (2011). Managemen Produksi. Diakses dari alamat website http://24211731.student.gunadarma.ac.id/tugas.html. Pada tanggal 27 April 2014, Jam 17.45 WIB.

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2009). Managemen Pemasaran. (Alih bahasa: Bob Sabran). Jakarta: Erlangga

Kuswantoro, Agung (2014). Teaching Factory: Rencana dan Nilai Entrepreneurship. Yogyakarta: Graha Ilmu

Lestari, dkk (2014). Efektivitas Pelaksanaan Teaching Factory Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Solo Technopark. Jurnal FKIP UNS. www.fkip.uns.ac.id diakses tanggal 5 Oktober 2019.

Mulyasa, E (2018). Management of Quality Assurance of Higher Education Based on Self Evaluation. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI) ISSN (online) : 2319-8028. www.ijbmi.org diakses tanggal 23 Mei 2019

Mulyasana, Dedy (2015). Pendidikan Bermutu dan dan Berdaya Saing. Bandung Remaja Rosda Karya.

Nugraha, Listyawan Ardi (2015). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Pendapatan Usaha Pengusaha Industri Kerajinan Perak di Desa Sodo Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunung Kidul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanusi, Achmad (2014). Pembaharuan Strategi Pendidikan; Filsafat, Manajemen, dan Arah Pembangunan Karakter Bangsa. Bandung; Nuansa Cendekia

Sudiyanto, Yoga Guntur Sampurno & Ibnu Siswanto. (2011). Teaching Factory di SMK ST. Mikael Surakarta. Abstrak Hasil Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri yogyakarta.

Terry, R. G. & Rue, W. L. (2009). Principles of Management. (Alih bahasa: Gaticoalu). Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, Dwi(2011). Perencanaan Teaching Factory di SMK Menggunakan Teori Pembelajaran Konstruktivisme, Makalah. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Wena, Made (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta; Bumi Aksara.

Winarno. (2009). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. http;//winarno .stff.fkip.uns.ac.id/files/2009/07/manajemen-pembelajaran pkn.pdf Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wafroturrohmah, W (2018). Upaaya peningkatan life skills dan nilai entrepreneur melalui pembelajaran teaching factory pada era millennial. www.publikasiilmiah.ums.ac.id diakses tanggal 10 oktober 2019.

Zaman, Fajar Banaeni (2010). Penerapan Teaching Factory Menggunakan Teori Pembelajaran Kontruktivisme, Makalah. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

29-07-2023

How to Cite

Dewi, A. S. ., Amelia, D., & Hidayat, A. . (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mengimplementasikan Kewirausahaan SMK . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13003–13011. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8456

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check