Desain Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur

Authors

  • Afriani Putri Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Guspatni Guspatni Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8770

Keywords:

Desain Media Pembelajaran, Augmented Reality, Sifat Keperiodikan Unsur

Abstract

Augemented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya yang dihasilkan oleh komputer sehingga batas antara kedua dunia tersebut menjadi sangat minim. Augmented reality dapat digunakan untuk membantu siswa belajar mengenai sifat keperiodikan unsur, karena teknologi 3D yang terdapat pada Augmented Reality dapat membantu siswa memvisualisasikan bentuk nyata dari gambar 2D. Aplikasi ini dibuat dengan sofware Blender 3D untuk membuat objek 3D sifat keperiodikan unsur, Vuforia SDK dan Unity 3D untuk membangun aplikasi dan deteksi marker. Desain media ini diapdopsi media pengembangan Plomp. Dimana desain media ini telah sesuai dengan kebutuhan sekolah yang mengharapkan media pembelajaran memuat animasi dan dipandu dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menuntun siswa dalam menemukan konsep. Diharapkan aplikasi pembelajaran ini dapat digunakan disekolah maupun diluar sekolah sebagai penunjang dalam pembelajaran kimia.

References

Chen, C.-H., & Tsai, C.-C. (2021). In-Service Teachers' Conceptions of Mobile Techonology-Integrated Instruction: Tendency Towards Student-Centered Learning. Computers & Education, 104224, 170.

Chen, D.-R., Chen, M.-Y., Huang, T.-C., & Hsu, W.-P. (2013). Developing a Mobile Learning System In Augmented Reality Context. International Journal of Distributed Sensor Networks, 9(12), 594627.

Hikmah, Muliatul, M., Yamtinah, S., & Mahardiani, L. (2022). CHEMAR (Chemistry Augmented Reality) pada Materi Sistem Periodik Unsur sebagai Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa . Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 221-230.

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 19-26.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan , 13(2), 174-183.

Novita, K., & Rahayu, S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Oludipe, D., & Awokoy, J. (2010). Effect of Cooperative Learning Teaching Strategy On The Reduction of Students' Anxiety For Learning Chemistry. Journal of Turkish science education, 7(1), 30-36.

Safitri, E., & Sa'dudin, I. (2019). The Use of Visual Media in Maharatah Al-Kalam Learning. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 72-89.

Siirtola, H., Saily, T., Nevalainen, T., & Raiha, K.-J. (2014). Text Variation Explorer: Towards Interactive Visualization Tools For Corpus Linguistics. Internasional Journal of Corpus Linguistics, 19(3), 417-429.

Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 3(1).

Susilawati, L., Ramadhani, E. P., & Yulita, I. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X MIPA Pada Materi Sistem Periodik Unsur di SMA 1 Teluk Bintan. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 500-506.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering The 21st Century Skills Through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116.

Wildan, Hadisaputra, S., Muti'ah, Siahaan, J., Supriadi, & Ariani, S. (2023). Melatih Model Mental Kimia Siswa SMAN 1 Sambelia Menggunakan Media Augmented Reality . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 31-35.

Downloads

Published

10-08-2023

How to Cite

Putri, A., & Guspatni, G. (2023). Desain Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15034–15045. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8770

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check