Hubungan Kepuasan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Mekanik Yamaha Motor Mahkota Pekanbaru

Authors

  • M. Hibatul Wafi Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mario Pratama Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8774

Keywords:

Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior pada mekanik Yamaha motor pekanbaru. Populasi yang digunakan seluruh mekanik di Yamaha motor Pekanbaru. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan SPSS vers 20 for windows. Hasilnya terdapat hubungan yang significan antara kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior dengan koefisien korelasi r=40,1 dengan signifikansi p=0,00 (<0,05). Kesimpulannya kepuasan kerja merupakan suatu sikap dari individu atau karyawan yang menggambarkan sikap positif dan negative dari pencapaian atau achievement dalam pekerjaannya. Dimana seorang karyawan akan merasa puas jika apa yang mereka butuhkan dan inginkan telah tercapai. Organizational citizenship behavior merupakan suatu perilaku yang ditunjukkan karyawan dalam organisasi formal. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, organizational citizenship behavior mempunyai banyak dimensi yang dikemukakan oleh peneliti-peneliti. Salah satunya menurut (Suzana,2017) yang menyebutkan ada lima dimensi yaitu altruism, courtesy, sportsmanship, civic virtue, conscientiousness.

References

Gunawan, J. S., & Solang, P. D. (2013). Organizational Citizenship Behavioryang berpengaruh pada kinerja karyawan dan kepuasan konsumen di Hotel Sheraton Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 120-133.

Hasibuan, M.S.P. (2009). Manajemen sumber daya manusia. edisi revisi. cetakan ketiga belas. Jakarta: Bumi Aksara

King, L.A. (2010). Psikologi umum: sebuah pandangan apresiatif. buku 2. Penerjemah: Brian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika.

Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi. edisi sepuluh. Penerjemah: Yuwono, V.A., dkk. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., & Barry Gerhart, P. M. W. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mencapai Keunggulan Bersaing, Buku 1.

Rita. (2012). Hubungan job satisfaction dengan perilaku organizational citizenship behavior. Jurnal Binus Bussines, 3(1), 83-92.

Robbins, S.P., & Coulter, M. (2010). Manajemen. edisi kesepuluh. jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran dan Devri Barnadi Putera. Jakarta: Erlangga.

Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2008). Perilaku organisasi. organizational behavior. buku 1. edisi 12. Penerjemah: Angelica, D., Cahyani, R., dan Rosyid, A. Jakarta: Salemba Empat

Suzana, A. (2017). Pengaruh Organizational Citizenship Behaviorterhadap kinerja karyawan (studi di: PT. Taspen (Persero) kantor cabang Cirebon). LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 19(1), 42-50

Yuniar, I.G.A.A.Y., Nurtjahjanti, H., & Rusmawati, D. (2011). Hubungan antara job satisfaction dan resiliensi dengan OrganizationalCitizenship Behavior(Organizational Citizenship Behavior) pada karyawan kantor pusat PT. BPD Bali. Jurnal Psikologi Undip. 9(1), 1-1.

Downloads

Published

10-08-2023

How to Cite

Hibatul Wafi, M., & Pratama, M. (2023). Hubungan Kepuasan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Mekanik Yamaha Motor Mahkota Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15076–15080. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8774

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check