Efektivitas Game Interaktif dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang

Authors

  • Delima Putri Yani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Elise Muryanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8946

Keywords:

Permainan Interaktif, Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstract

Di era globalisasi saat ini, sangat penting bagi anak-anak untuk memahami bahasa Inggris karena dianggap sebagai bahasa internasional yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di mancanegara. Anak-anak usia dini harus dikenalkan dengan bahasa Inggris sejak dini karena mereka berada di masa keemasan, saat enam aspek perkembangan mereka harus distimulasi dengan baik dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Media berbasis teknologi, seperti game interaktif, dapat membantu anak usia dini belajar kosakata bahasa Inggris. Peneliti ingin mengetahui sejauh mana game interaktif membantu penggenalan kosakata bahasa Inggris. Mereka menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan quansi ekspriment. Setelah melihat dan memperhatikan penelitian sebelumnya dapat kita simpulkan permainan interaktif dapat membantu anak-anak usia dini meningkatkan kosakata mereka dalam bahasa Inggris.

References

Britton, Lesley (1992). Play and Learn Montessori. London: Vermilion.

Hurlock, Elizabeth B. 2008, Perkembangan anak (edisi keenam). Jakarta: Erlangga.

Hermawan, I. 2019. Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif, kuantitatif, dan metode campuran ): Hidayatul Quran kuningan.

Khairani, A.I. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.

Muryanti, E& Herman, Y. (2019). Introduce English Vocabularies to Children by Joli-Joli Play. Jouralof English Pendagogy, 4 (2), 2733.

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4),2564-2572.

Rahman dan Tresnawati (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam Tiga Bahasa sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Jurnal Algoritma dan Teknologi Game Sekolah Tinggi, 13(1), 184-189.

Santrock, J.W. (2017). Perkembangan Anak ( Edisi Kesebelas, Jilid 2). Jakarta: Erlangga Sobur, Alex. (2016). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

15-08-2023

How to Cite

Putri Yani, D., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Game Interaktif dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16274–16281. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8946

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check