Motif Batik di Rumah Batik Sampan Pesona Minang di Desa Sungai Kasai Pariaman Selatan

Authors

  • Atikah Putri Nazwan Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Agusti Efi Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9144

Keywords:

Motif Batik, Pola Motif, Sumber Ide Motif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif batik di Rumah Batik Sampan Pesona Minang mengenai motif dan pola motif batik, sumber ide pengembangan motif batik yang ada di Rumah Batik Sampan Pesona Minang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa macam motif batik yang ada di Rumah Batik Sampan Pesona Minang seperti motif tabuik, motif piaman laweh, motif baruak mamanjek karambia, motif sala lauak, motif gandang tasa. Sumber ide dalam pembuatan motif tersebut terinspirasi dari ciri khas daerah Pariaman yang diambil dari adat, budaya, letak geografis, serta makanan khas yang ada di daerah Pariaman. Dengan begitu identitas daerah dapat dikenalkan melalui media batik.

References

A. Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.

Asril, A. (2015). Peran Gandang Tasa dalam Membangun Semangat dan Suasana pada Pertunjukan Tabuik di Pariaman. Humaniora, 27(1), 67-80.

Bahri, S., & Gibran, M. K. (2015). Tradisi Tabuik di Kota Pariaman (Doctoral dissertation, Riau University).

Herwandi. (2016). Industri Batik di Sumatera Barat ( PerspektifSejarah ): Abstrak Sejarah Teknik Membatik di Indonesia. 524, 1–17.

Mulyanto, M., & Hartono, L. (2018). Kesenian Reog sebagai Sumber Ide Pengembangan Desain Motif Batik Ponorogo. Dinamika Kerajinan dan Batik, 35(1), 33-44.

Ramdhan, Muhammad. Metode Penelitian Cet 1. Cipta Media Nusantara (CMN). Surabaya. 2021.

https://pariamankota.go.id/berita/ketua-dekranasda-kota-pariaman-ny-lucy genius-batik-sampan-ciri-khas-batik-kota-pariaman (Diakses Mei 16, 2023)

http://sungaikasai.desa.id/ (Diakses Agustus 3, 2023)

Downloads

Published

22-08-2023

How to Cite

Putri Nazwan, A., & Efi, A. (2023). Motif Batik di Rumah Batik Sampan Pesona Minang di Desa Sungai Kasai Pariaman Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17691–17700. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9144

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check