Perancangan Game The Dragon Hunter pada Materi Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 7E pada Smp Negeri 18 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9177Keywords:
Perancangan, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Peralatan Teknologi Informasi Dan KomunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui manfaat perancangan game edukasi pada materi peralatan TIK di SMPN 18 Surakarta. (2) Mengetahui proses dari perancangan game edukasi khususnya di kelas 7E SMPN 18 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reserch and Development (R&D) dengan model ADD pengembangan Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan). Menggunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu teknik utama (angket) dan teknik bantu (observasi, wawancara dan dokumentasi) dengan validasi kelayakan oleh 3 Ahli media, 1 Ahli materi dan 1 pendidik (guru informatika) yang dianalisis menggunakan skala likert serta melewati pengujian Blackbox Testing. Sample yang digunakan adalah kelas VIIE yang berjumlah 32 siswa dari 256 siswa kelas VII di SMPN 18 Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pembelajaran informatika pada materi peralatan TIK (2) Desain media pembelajaran berbasis game sebagai bahan ajar peserta didik mata pelajaran informatika, (3) kelayakan media pembelajaran berbasis mobile menurut 3 Ahli Media yang memiliki presentase sebesar 86%, 78%, 84% dengan kriteria Sangat Layak, validasi Ahli Materi memiliki kelayakan 94% dengan kriteria Sangat Layak, (4) pendidik (guru informatika) memiliki kelayakan 94,6% dengan kriteria Sangat Layak, (5) respons peserta didik memiliki kelayakan 95% dengan kriteria Sangat Layak.
References
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Persepsi Dosen Terhadap Layanan Aplikasi E-Lkd Uin Ar-Raniry Dengan Menggunakan Technology Acceptence Model (Tam). Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 294–302. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.58
Ratniati, R., & Harahap, R. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Di SMAN 1 Badar T.P 2021/2022. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(1), 18–27. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1337
Siti Supeni, S. S. (2020). Pengaruh pembelajaran scientific approach terhadap peningkatan hasil belajar ppkn materi nilai pancasila dalam praktik penyelenggaraan kekuasaan negara (Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurnal Global Citizen Jurnalilmiah, 9(2), 51–62.
Sugiono. (2019). metode penelitian kuantitatif,kualitatit, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutermeister, R. A. (1976). People and Productivity. New York: Mc Graw Hill Book Compay.
Sutopo, H. (2002). Analisi dan desain berorientasi objek. J & J Learning. Yogyakarta: J & J Learning.
Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU, 5(1), 527–533. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rahadi Herlambang PrakosoAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).