Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Monika Fir Donaviza Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rifda Eliyasni Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Penilaian

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang kurang terlaksana dengan baik, dan masih dalam proses menuju penyempurnaan, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa, dan kurang memberikan permasalahan kepada siswa. Akibatnya siswa didalam kelas terlihat menoton dan kurang mampu dalam menentukan masalah dan cara penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dikelas V SD Negeri 21 kapuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data  berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 19 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 76,78% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,43% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 78,57% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,43% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 73,21% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 58,53 (Kurang), meningkat pada siklus II menjadi 84,14 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

References

Aunurrahman.2014. Balajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Edi Cahyadi1, Y. D. (19). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan .

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Diandra Creative

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:PT. Bumi Aksara

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalai Indonesia.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marsali, A. (2016). Peningkatan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning di kelas iv sekolah dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD .

Muhammad fathurohman, M. (2015). Model - Model Pembelajaran Inofatif. Jokjakarta: AR-Ruzz Media.

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajagravindo Persada

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Rajawali Pers

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, praktik dan penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Taufiq, Amir. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Warizona, D. O. (t.thn.). Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sd. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sd .

Sanjaya. 2007. Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Downloads

Published

31-01-2021

How to Cite

Donaviza, M. F. ., & Eliyasni, R. . (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 197–205. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/930

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check