Penggunaan Metode Bercerita Media Gambar Seri terhadap Penanaman Disiplin di Taman Kanak-Kanak

Main Article Content

Erna Diana
Rakimahwati Rakimahwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta mengaitkan dengan melakukan analisis penggunaan metode bercerita media gambar seri dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan faktanya bahwa anak usia dini masih terkendala dalam karakter disiplin. Hal ini bisa dilihat ketika belum mempunyai anak untuk menaati peraturan di sekolah, misalnya terlambat datang ke sekolah, belum bisa antri pada suatu kesempatan, belum bisa berbaris dengan rapi, belum bisa merapikan sepatu di rak sepatu yang telah disediakan, Penanaman karakter disiplin pada anak sangat penting dan urgen untuk ditanamkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari anak, karena hal ini akan berpengaruh pada sikap dan perilaku anak pada masa dewasanya. Anak yang mempunyai sikap disiplin dialah yang mampu menempatkan serta beradaptasi dengan lingkungannya baik di lingkungan keluarga, sekolah dan bermasyarakat, sehingga bisa menjadikan dia seorang anak yang berkarakter. Metode bercerita adalah salah satu metode dari beberapa metode yang digunakan untuk penanaman disiplin pada anak, terkhusus metode bercerita gambar seri adalah kegiatan bercerita yang terdiri dari rangkaian gambar secara berurutan dan membuat sebuah cerita dan di dalamnya ada pesan yang ingin disampaikan. Jenis penelitian ini adalah studi literatur (studi kepustakaan). Teknik pengumpulan data berupa sumber data primer dengan menelaah buku referensi dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian adalah metode bercerita media gambar seri dapat digunakan dalam menanamkan disiplin pada anak, hal ini dibuktikan dengan adanya perbaikan, perubahan sikap disiplin pada anak menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Diana, E. ., & Rakimahwati, R. (2021). Penggunaan Metode Bercerita Media Gambar Seri terhadap Penanaman Disiplin di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 206–211. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/933
Section
Articles

References

Anna,Karina. 2019 “ Peran Guru dalam Mengoptimalkan Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun”Seminar Nasional PG PAUD 2019 . e-ISSN 2615-5524 p-ISSN 2615- 5532.

Chaeruddin B. 2016. Metode Penanaman Nilai-Nilai Moral Bagi Anak. Vol. 5 Nomor 2.

Daboti, Anggraini, Agustin Mubiar. 2018. Efektifitas Penggunaan Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual (Wayang) Terhadap Tingkat Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaean Vol. 5 Nomor 1.

Hurlock, Elizabert. 1999.Perkembangan Anak . Jakarta : Erlangga.

Khatimah, Ihda A’yunil 2019. Disiplin Pada Anak Usia Dini. Jurnal Qurroel, Jurnal Pendidikam Islam Anak Usia Dini. Vol. 9 Nomor 1 p-ISSN-2685-2985.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter (Konsepsi& Implementasin Secara Terpadu Dilingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Masyarakat). Yogyakarta: Ar- Ruz Media.

Laily, Luluk Indah, & Sri Joeda Andajani. 2014. “Pengaruh Metode Cerita Bermedia Gambar Seri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Muslimat.” Pendidikan anak usia dini. Vol. 3 No. 3.

Madyawati,Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : Kencana.

Ni Made Matri Paramita, Luh Ayu Tirtayani, G. A Agung Sri Asri. 2018. Pengaruh Metode Bercerita Lokal Bali Terhadap Nilai Karakter Anak Kelompok B TK Gugus Melati Kecamatan Marga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 6 Nomor 3.

Nini, Aryani. 2015. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1, No. 2 Juli-Desember 2015.

Pebriana, Putri Hana 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi. v1i1.26. Volume 1 Issue 1 (2017).

Pratiwi, Eka dkk 2019. Urgensi Media Cerita Gambar Berseri Dalam Menstimulasi Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education, Vol. 3 No. 2 Desember 2019. P-ISSN: 2599-1671, E-ISSN: 2599-168X

Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orangtua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta. Rineka Cipta.

Siswanto, Igrea & Sri Lestari. 2012. Panduan Bagi Guru dan Orang Tua Pembelajaran Atraktif dan 1000 Permainan Kreatif untuk PAUD. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sufa, Feri Faila & Irfan Haris. Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini sebagai Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bercerita di Pos PAUD Permata Hati Kadipiro Surakarta. Jurnal Pendidikan” Judikjardasmen “Dewan Pendidikan Kota Surakarta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta : PT Indeks.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang : UNP Press.

Suryana, Dadan. 2016. Stimulasi & Aspek PerkembanganAnak. Jakarta: Kencana.

Syukra, Novriza & Wirman, Asdi. 2019. Penanaman Disiplin Melalui Kegiatan Upacara Bendera di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangakri 03 Alai Padang. Jurnal Warna Vol. 3, No. 1Juni 2019. p-ISSN: 2550-0058; e-ISSN: 2615-1642.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Zedd, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zubaedi. 2017. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Pre nada Kencana.