Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Kemampuan Menghafal Surat Pendek pada Anak Kelas III dan IV MDTA Muhammadiyah Biteh Kacang

Main Article Content

Ririn Yuhelmi
Ismaniar Ismaniar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menghafal huruf pendek siswa kelas III-IV MDTA Muhammadiyah Biteh Kacang. Peneliti melihat penyebab rendahnya kemampuan menghafal huruf pendek anak adalah kurangnya dukungan orang tua terhadap anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran mengenai dukungan orang tua kepada anak, untuk melihat gambaran kemampuan menghafal surat pendek anak, dan bagaimana hubungan keduanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas III-IV yang masih tercatat sebagai anak peserta kegiatan pembelajaran di MDTA Muhammadiyah Biteh Kacang yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75% dari populasi dengan jumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan urutan pemeringkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dukungan orang tua terhadap anaknya masih rendah, (2) Kemampuan menghafal huruf pendek pada anak masih rendah, dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dan kemampuan menghafal huruf pendek pada anak kelas III. dan IV di MDTA Muhammadiyah Biteh Kacang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuhelmi, R. ., & Ismaniar, I. (2021). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Kemampuan Menghafal Surat Pendek pada Anak Kelas III dan IV MDTA Muhammadiyah Biteh Kacang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 311–318. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.950
Section
Articles

References

Anggorowati, & Nuzulia, F. (2013). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi di Desa Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Keperawatan Maternitas, 1(1), 1–8.

Cahyadi, A. (2012). Konflik peran ganda perempuan menikah yang bekerja ditinjau dari dukungan sosial keluarga dan penyesuaian diri. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 36(02), 254–271.

Fajarini. (2017). Model Menghafal pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya pada Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 13–19.

Ismaniar, I. (2019). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Pratiwi, I. H. (2013). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif terhadap Stres pada Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).

Rosyadi, R. (2013). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (Konsep dan Praktik PAUD Islami). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, ed. 11, terj. Mila Rachmawati and Ana Kuswanti, Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, M. P. P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&B.

Syahr, Z. H. A. (2016). Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 47–65.

Verawati, I. (2017). Dukungan sosial orangtua dalam mengikutsertakan anaknya berlatih di Krakatau Taekwondo klub Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2).