Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman

Main Article Content

Ririn Salwani
Yetti Ariani

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat/perantara yang sangat penting pada proses pembelajaran, karena media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini, dapat dimanfaatkan dalam media pembelajaran. Salah satunya menggunakan software Articulate Storyline 3 dalam pembuatan media pembelajaran, sehingga peserta didik langsung terlibat dalam penggunaannya dan peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 ini bertujuan sebagai inovasi baru dalam pembelajaran tematik terpadu tema 3 subtema 3 pada kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data untuk penelitian ini didapatkan dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi ahli bahasa. Kemudian, data juga diperoleh dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 14 orang peserta didik di kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman pada tanggal 25 November 2020. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 memperoleh hasil uji validitas materi sebesar 82%, hasil uji validitas bahasa sebesar 93%, dan hasil uji validitas media sebesar 100%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil sebesar 81%, dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 66%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate Storyline 3 pada tema 3 subtema di kelas V sekolah dasar telah valid dan praktis digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.963
Section
Articles

References

Adam, Steffi & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBI Journal. Vol. 3, No. 2. Hal 79.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Darnawati., Jamiludin., Batia, La., Irawaty & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.

, No. 1. Hal 10.

Jalinus, Nizwardi & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Pratama, A. R. (2018). Al-Barik (Tutorial Gambar Grafik): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2. Jurnal AdMathEdu. Vol.8, No.2. Hal 188.

Rafmana, Hesta.,Chotimah, Umi & Alfiandra. (2018). Pengembangan MultimediaInteraktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal : Bhinekka Tunggal Ika.Vol 5, No 1. Hal 53-54.

Riduwan, dan Sunarto. (2015). Pengantar Statisttika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sapitri, Deni & Bentri, Alwen. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00).

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2, No. 2.Hal 108.

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemprograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Patrang : Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.