Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMK di Toraja Utara

Main Article Content

Samuel Saludung
Hotmaulina Sihotang
Mesta Limbong

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran mengenai permasalahan yang ada pada sekolah di Toraja Utara secara khusus dalam kaitan dengan mutu pendidikan SMK. Dalam penelitian ini diteliti tentang seberapa besar pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMK di Toraja Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah verifikatif dengan pendekatan explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Toraja Utara, Teknik atau pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 190. Hasil penelitian nampak bahwa bahwa nilai R Square atau nilai koefisien determinasi sebesar 0,435. Artinya persentase ukuran kemampuan variabel kepemimpinan dan motivasi (X1 dan X2) menjelaskan variabel peningkatan mutu (Y) adalah 43,5% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini, koefisien determinasi variabel kepemimpinan dan mutu pendidikan adalah 0,362 atau 36,2%. Artinya, variabel kepemimpinan mampu menjelaskan variasi variabel mutu pendidikan sebesar 36,2%. koefisien determinasi antara kedua variabel tersebut sebesar 0,137 atau 13,7%. Artinya, variabel motivasi mampu menjelaskan variasi variabel mutu pendidikan sebesar 13,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saludung, S. ., Sihotang, H. ., & Limbong, M. . (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMK di Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 448–459. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/968
Section
Articles of Research

References

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2006. Permen No 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas

Kartono Kartini Dr. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Mulyasa, E, 2007, Menjadi Kepala Sekolah Professional, Bandung: Rosda Karya

Mulyasa. 2019. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta. PT. Bumi Aksara, Cetakan ke-7

Nadeak, B., 2018, Buku Materi Pembelajaran Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi Pendidikan di Era 4.0, Cetakan 1, Jakarta, UKI Press

Nanang Fattah. 2012. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Bandung. Remaja Rosda Karya

Nashudin, 2016. Manajemen dan kepemimpinan publik. Mataram. Sanabi

Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Permendiknas. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2007 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Purwanto Ngalim, 2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Most read articles by the same author(s)