Pengembangan Media Pembelajaran Misteri Box pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SD Negeri 02 Sialang Kecamatan Kapur IX

Authors

  • Salsa Billah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Jasmienti Jasmienti UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Khairuddin Khairuddin UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Alimir Alimir UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9935

Keywords:

Media Pembelajaran, Mistery Box, Pendidikan Agama Islam, Development

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang penulis temukan dalam kegiatan proses pembelajaran di UPTD SD Negeri 02 Sialang Kecamatan Kapur IX. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum dapat dikatakan efektif. Penyebabnya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah penggunaan media pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang belum optimal karena guru hanya menggunakan buku cetak dan lembar kerja siswa (LKS), belum adanya media pembelajaran Kotak Misteri PAI, siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung selalu merasa jenuh dan banyak bermain pada saat pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian 4D (Research and Development) atau yang dapat disingkat R&D yang dikembangkan oleh Thiagajaran tipe 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Kotak Misteri yang dihasilkan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran PAI di kelas IV. Hasil yang diperoleh untuk produk ini dikatakan layak dengan melakukan uji validasi oleh beberapa ahli, dengan hasil dari aspek isi dari salah satu dosen yaitu Bapak Dr. Iswantir M, M.Ag dengan hasil 0,78 dengan kategori sangat valid. Validasi konstruk dengan dosen Bapak Muhammad Hafizh dapat menghasilkan hasil 0,9 jika dikategorikan hasilnya sangat valid. Sedangkan salah satu validator yaitu Ibu Dr. Deswalantri, S.S., M.Pd hasil yang diperoleh adalah 0,85 yang dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan kepraktisan oleh guru Pendidikan Agama Islam, dengan uji kepraktisan sebesar 0,88 dengan kategori sangat tinggi, dan uji keefektifan siswa di kelas IV dengan hasil 0,69 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran PAI layak digunakan dalam pembelajaran PAI di kelas IV.

References

Abdullah, Mulyana. 2018. Meneladani Sifat-Sifat Malaikat Allah Sebagai Bentuk Mengimani Adanya Malaikat Allah. Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta'lim, 16(2): 1.

Alam, Syamsu. 2020. Tugas Malaikat Jibril Dalam Al-Qur’an ( Kajian Tafsir),” Jurnal Al-Wajid, 1(2): 196-197.

Anna Kartika Wahyuningrum and Linda Dwiyanti. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Mystery Box Untuk Perkembangan Anak Dalam Mengenal Huruf. Jurnal SEMDIKJARS 5.

Ekta Riadi et al., 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Menunjang Proses Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMP 1 Tilatang Kamang. Indonesian Research Journal On Education, 3(1).

Firmansyah, Mokh. Iman. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta’lim, 17(2): 70-90.

Joni Purwanto, Dkk,. 2014. Pengunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pembelajaran Ilmu Penetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Mita Sendia Ulfa et al., 2022. Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Android Menggunakan Google Sites Dan Appsgeyser,” Jurnal Intek, 5(2): 65-71.

Nur Hadiyaningrum Sa’diyah and Vicky Dwi Wicaksono. 2018. Pengembangan Misteri Box Dalam Pembelajaran PPKN Materi Sejarah Perumusan Puncasila Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 10(8): 3.

Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits Ittihad. Jurnal Kopertais 13(23): 130-154.

Rosaliana, Iga. 2012. Evektivitas Program Nasional Pemberdayaan Manusia Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Mantren Kec Karanrejo Kabupaten Madetan. Jurnal Evektivitas Pemberdayaan Masyarakat, 1(1).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development Bandung: Alfabeta.

Teni Dkk,. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1): 10.

Tri Agusti Farma, Riri Okta, and Sarwo Derta. 2020. Pengembangan Aplikasi Pembayaran Spp Dan Didukung Oleh Pesan WA Sebagai Notivikasi Pembayaran Di SMA Ins Kayutanam. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 2(1): 134.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Zainal Aqib and Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreativ Dan Inovatif. Bandung: PT. Satu Nusa.

Downloads

Published

06-10-2023

How to Cite

Billah, S., Jasmienti, J., Khairuddin, K., & Alimir, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Misteri Box pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SD Negeri 02 Sialang Kecamatan Kapur IX. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21591–21601. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9935

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check