PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Izma Nurul Choiriyah
Gamaliel Septian Airlanda

Abstract

Proses dan hasil belajar pada SDN Gendongan 01 terbilang masih rendah, belum tercapainya hasil belajar ini disebabkan oleh model pembelajaran yang dipakai masih kontekstual. Oleh sebab itu dilakukan PTK yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran muatan IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray mampu meningkatkan proses dan hasil belajar IPA untuk siswa kelas 4 terlihat pada prasiklus diketahui siswa yang mencapai KKM ≥70 sebanyak 9 orang dengan persentase 43%, sedangkan yang belum mencapai KKM<70 sebanyak 12 siswa dengan persentase 57% dengan memiliki rata-rata 65,5. Dengan memiliki nilai tertingginya 80 dan nilai terendahnya 40. Sedangkan pada siklus I hasil belajar IPA diketahui meningkat mencapai yang tuntas dari KKM ≥70 sebanyak 15 siswa dengan persentase 71%, sedangkan yang belum mencapai KKM<70 sebanyak 6 siswa dengan persentase 29% dengan memiliki rata-rata 76. Dengan memiliki nilai tertingginya 90 dan nilai terendahnya 62. Hasil belajar IPA pada siklus II diketahui siswa yang mencapai KKM ≥70 sebanyak 18 orang dengan persentase 86%, sedangkan yang belum mencapai KKM<70 sebanyak 3 siswa dengan persentase 14% dengan memiliki rata-rata 76. Dengan memiliki nilai tertingginya 97 dan nilai terendahnya 65. Berdassarkan hasil penelitian dapat disimpulka model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan proses dan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Choiriyah, I., & Airlanda, G. (2019). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 353-360. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.229

References

Azizah, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Saidah, A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV MI NU Islamiyah Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muria Kudus).
Wiratna, D. H. (2011). Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang. Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang,/Dwi Hinda Wiratna.
Putra, R. P. (2012). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gender Kelas V SD pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Gugus Among Siswa Temanggung Semester 2 Tahun 2011/2012Pembelajaran kooperatif, metode Two Stay Two Stray, hasil belajar IPA, gender (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Darlia, Tatik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa kelas V SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Skripsi. Malang. Universitas Negeri Malang
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nugroho, J. (2011). Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Kemiriswu 2 Pasuruan. Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Kemiriswu 2 Pasuruan/Junaedi Nugroho.
Wijaya, N. (2011). Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang. Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang/Ning Wijaya.