Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dengan Metode Literatur

Authors

  • Hasna Muthi Luthfiyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yayang Furi Furnamasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2409

Keywords:

Pembelajaran PKN, Kurikulum kewargangaraan, Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis aspek-aspek pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar, salah satunya adalah perubahan kurikulum yang menjadi salah satu upaya perbaikan proses pembelajaran. Penelitian dengan metode literatur ini menemukan bahwa pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, Pendidikan Kewarganegaraan mencakup tujuan, strategi, materi serta evaluasi pembelajaran. Untuk mencapai hasil pembelajaran maksimal guru perlu memperdalam pemahaman urgensi Pendidikan Kewarganegaraan serta dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam menciptakan metode pembelajaran.

 

References

Komara, E. (2017). Curriculum and Civic Education Teaching in Indonesia (Vol. (10)1). International Journal for Education Studies.

magdalena, i. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang (Vol. 2). Jurnal Pendidikan dan Sains.

Rachmadtullah, R. (2018). Development Of Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School (Vol. 251). Atlantis Press.

Senmay, K. (2021). Keefektifan Model Quantum Teaching di SD Pembelajaran PKN Siswa Sekolah (Vol. 540). Atlantis Press.

Prastowo, A. (2018). Perubahan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SD/MI Di Indonesia: Dari KTSP Menuju Kurikulum 2013 (Volume VIII). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad.

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 37-45.

Downloads

Published

10-12-2021

How to Cite

Luthfiyah, H. M. ., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dengan Metode Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8990–8994. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2409

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check