PROFESIONALISME GURU PAUD DI ERA DIGITAL

Main Article Content

Nurhamidah Nurhamidah
Nurhafizah Nurhafizah

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan awal dari pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi kunci dalam memperbaiki kualitas bangsa. Untuk mendapatkan hasil pembentukan anak yang berkualitas salah satunya didukung oleh guru yang profesional. Guru PAUD merupakan pendidik profesional dengan utama  mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi dan memiliki landasan keilmuan yang kuat tentang perkembangan anak. Guru PAUD di era digital ini merupakan tenaga profesional yang membutuhkan berbagai persyaratan yang menjamin profesinya itu dapat dilaksanakan dengan baik. Persyaratan profesi itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam era digital seperti saat ini guru PAUD profesional perlu ditambah persyaratan yang sesuai selain sudah memiliki persyaratan sebelumnya. Dengan merujuk berbagai literatur yang otoritatif dalam jumlah yang memadai, serta disajikan secara deskriptif analisis, dalam hal ini lebih lanjut memfokuskan pembahasannya pada persyaratan guru PAUD profesional yang dibutuhkan di era digital. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhamidah, N., & Nurhafizah, N. (2019). PROFESIONALISME GURU PAUD DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 666-675. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.264

References

Ahadi, Muh. (2017). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru untuk Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, (pp.348-351).
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education: Preschool through primary grades. USA: Pearson Education, Inc.
Carre (Eds.), Learning to teach (h. 1-17). New York: Routledge.
Christiani, M (2012). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jumlah pendidik anak usia dini. Volume 1, Edisi 1.
Direktorat Pembinaan Anak usia Dini. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD HI di Satuan PAUD. Jakarta : Kemendikbud.
Direktorat PAUD. 2011. Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia.Diakses http://paud.kemendiknas.go.id/index.php/home/bukaLinkBeritaRSS/1. Tanggal 16 Mai 2019,jam 11:50
Direktorat PAUD. TT. Peraturan menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Kemendiknas
Hadianto & Susanto, Y. (2017). Implementation of School-Based Management in Padang Indonesia. 1st Yogyakarta International Conference on Education Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP) by atlantis press. Vol. 66.
Hadianto. 2016. Teori Dan Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hassan, M. (2018) Kompetensi Tenaga Kependidikan dalam Menghadapi Era Pendidikan 4.0 Diakses dari kampusdesa.or.id pada tanggal 16 Mei 2019.
Muhadjir, E. (2018). Pidato di Universitas Negeri Yogyakarta pada Sabtu, 28 April 2018. Diakses dari www.republika.co.id.
Nurhafizah. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Proceeding Seminar Nasional Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa: Widyaaksara Press, Bandung.
Nurhafizah. (2011). Keluarga sebagai basis Pengembangan Rangka Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini: Fkip Universitas Mataram Dan Pg-Paud Unp.
Nurhafizah. (2011). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Pilar Profesionalisme Guru Dalam Membimbing Anak Usia Dini. temu ilmiah dan seminar ilmiah forum fip-jip se-indonesia: Fip Upi Bandung.
RISTEKDIKTI. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://www.ristekdikti.go.id/siaranpers/pengembangan-iptek-danpendidikan tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/
Rosyidi. (2018). Peran guru di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 13. Hal 10.
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1).
Santrio, A (2018). Knowledge Bases for Learning To Teach. Dalam N. Bannett & C.
Sepriani, R (2019). Profesionalisme guru paud melati terpadu dalam meningkatkan Mutu pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana: Universitas PGRI Palembang.
Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pasal 1 ayat (17) UU No. 20 Tahun 2003 Tetang sistem pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 PP No. 19 2005
Suryana, Dadan (2013). Pengetahuan dan strategi pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal ilmu pendidikan. Vol. 19. No. 2.
Suryana, Dadan (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Wartomo. (2016). Peran Guru Dalam Pembelajaran Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII : Universitas Terbuka Convention Center.

Most read articles by the same author(s)