Penggunaan Kalimat pada Percakapan Siswa SDN Tamanan Kota Kediri

Authors

  • Ervina Damayanti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Kadiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.4370

Keywords:

Kalimat, Percakapan, Siswa

Abstract

Penelitian yang berjudul  penggunaan kalimat pada percakapan siswa SDN Tamanan Kota Kediri ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Tamanan yang sedang mengikuti bimbingan belajar di rumah guru. Sumber data dalam penelitian ini berupa kata, frase, dan kalimat pada percakapan siswa. Metode yang digunakan adalah adalah metode analitik. Teknik analisis yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kalimat yang digunakan siswa  adalah menggunakan kata, frase, kalimat tunggal, kalimat majemuk setara, dan kalimat majemuk bertingkat. Pada percakapan di atas juga ditemukan kalimat tanya (interogatif), kalimat berita (deklaratif), dan kalimat perintah (imperatif).

References

Alwi, Hasan, Dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul, dan Agustina, Leonie. J. 2004. Sosiolinguistik:Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Handika, Kd Dana, I. Km Sudarma, and I. Nym Murda. 2019. “Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa Dalam Komunikasi Verbal.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2(3):358.

Miles, M.B.&Huberman, A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Riadi, Aji Marhaban Bidzikrillah MSK Mulyanto Widodo Bambang. 2018. “Pendayagunaan Konteks Dalam Percakapan Anak-Anak Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya) (April):1–9.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. bandung: Alfabeta.

Suhardi. 2016. Dasar-Dasar Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Downloads

Published

30-11-2020

How to Cite

Damayanti, E. . (2020). Penggunaan Kalimat pada Percakapan Siswa SDN Tamanan Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3631–3636. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.4370

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check