Pengembangan Sosial Anak Menggunakan Permainan Ucing Kupu-Kupu di Taman Kanak-Kanak Anugrah Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.535Keywords:
pengembangan sosial anak, penggunaan permainan ucing kupu-kupu, taman kanak-kanakAbstract
Artikel ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Anugrah Padang, dimana sosial anak belum berkembang secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari anak yang tidak mau bermain dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan ucing kupu-kupu terhadap perkembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Anugrah Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental , menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak TK Anugrah Padang, dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling, yaitu kelompok B1 untuk kelas eksperimen dan kelompok kontrol kelas B2. Masing-masing berjumlah 10 orang anak. Teknik penumpulan data menggunakan tes perbuatan dan alat pengumpulan data digunakan lembaran pertanyaan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 79,37 dan SD sebesar 7,93 sedangkan dikelompok kontrol adalah 70,62 dan SD sebesar 6,78. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 2,507 dan t tabel sebesar 2.10092 pada taraf nyata ?=0,05 (5%) dan dk=18. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan tradisional berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial anak di TK Anugrah Padang tahun ajaran 2019/2020.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Askalin. 2013. 100 Permainan Dan Perlombaan Rakyat. Yogyakarta: Andi Ofset
Dwiyana, dkk. 2001. Permainan Tradisional Jendral Kebudayaan Museum Provinsi Sumatera Barat
Fad, Aisyah. 2014. Kumpulan Permainan Anak Tradisional Inonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif
Nurhafizah. 2015. Implementasi Permainan Tradisional Indonesia Di Taman Kanak-kanak Kota Padang. Jurnal
Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2016. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Erika Dwi Yanto, Izzati Izzati, Nurhafizah Nurhafizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).