Penerapan Strategi Card Sort dapat Tingkatkan Nilai Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS B SMA Negeri 1 Lirik

Main Article Content

Yuliarti Yuliarti

Abstract

Pada saat ini para generasi muda penerus bangsa terkesan kurang berminat untuk belajar mata pelajaran sejarah di sekolah-sekolah. Padahal mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dipelajari disekolah-sekolah agar para siswa tidak melupakan apa yang telah terjadi. Dalam penelitian ini penulis mencoba menggunakan metode yang sebelumnya tidak pernah dilaksanakan yaitu metode Card Sort dengan harapan dapat kembali memumbuhkan minat dan motivas siswa untuk belajar mata pelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam penelitian yang dilaksanakan pada siklus I dengan metode pembelajaran menggunakan Card Sort terlihat adanya peningkatan nilai siswa dalam ulangan tertulis yang dilakukan. Selanjutnya peningkatan nilai siswa terjadi cukup signifikan pada pelaksanaan penelitian siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuliarti, Y. (2020). Penerapan Strategi Card Sort dapat Tingkatkan Nilai Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS B SMA Negeri 1 Lirik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 993–1000. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.561
Section
Articles

References

A.Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang, UIN Press, 2008,
Alwi, Hasan, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Amukhtar dkk. 2007. 10 Kiat Sukses Mengajar di Kelas, Jakarta :Nimas Multima,
Arief, Armal. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press.
Arifah, Fita Nur. 2017, Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru. Yogyakarta :Araska.
Kasiram, Metodologi Penelitian, kualitatif dan Kuantitatif, 2008
Melvin, L Silberman. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia.
Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-41.
Poerwadarminta, W.J.S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sesmiarni, Z. (2019). The Effective Moral Education on Early Childhood As an Effort Against Immoral Culture. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 561-569.
Sumartono, Wirianto. 2018, Jasmerah, Jakarta, Laksana